Pertumbuhan Anggur di Musim Hujan yang gak karuan


Landasan Ulin - Pertumbuhan anggur di musim hujan ini benar-benar bisa dikatakan adalah sebuah pertumbuhan yang berat, mengapa demikian, ternyata jenis tanaman anggur ini salah satu tanaman yang menyukai kondisi kering dan panas, sehingga ketika musim hujan datang maka berimbas pada hancurnya sebagian tanaman anggur, para penghobi maupun petani anggur akan berperang di musim ini.

Penyakit Anggur

anggur sangatlah rentan dengan yang namanya jamur, ada 2 jenis jamur yang paling sering menyerang tanaman ini; 

1.  jamur karat, ciri-ciri jamur ini biasanya berwarna kuning seperti titik-titik kuning dibawah daun, mirip seperti tungau, kemudian ketika angin berhembus, jamur ini akan mudah menyebar ke daun lainnya, salah satu obat yang paling mujarab untuk jamur jenis ini yang biasa saya gunakan adalah amistartop. biasanya hanya sekitar 3 hari, jamur ini sudah hilang.

2. jamur embun tepung, istilah jamur ini juga terkenal dengan nama powdery mildew, jamur ini terbilang sangat ganas, juga sangat sulit diobati, apalagi kalau hujan kembali datang, jamur ini akan sangat cepat berkembang biak, ciri-ciri jamur ini adalah bentuknya berwarna putih di bawah daun, kalau dilihat secara dekat akan nampak bulu-bulu putih di bawah daun, saya sendiri untuk mengatasi jamur embun tepung ini menggunakan fungisida merek score, yang juga satu produk dari syngenta, setelah kita semprotkan obat ini biasanya jamur akan mengering, namun selang beberapa hari akan muncul kembali di bagian yang lain, sehingga kalau sudah terserang jamur ini, kita diharuskan rajin untuk menyemprotnya. 

Solusi Anggur di Musim Hujan

solusi terbaik menanam anggur di musim hujan ini dari pengalaman pribadi saya adalah 

 Membuat Naungan Untuk Anggur (Green House) Atap UV

menggunakan atap UV alias tanaman anggur kita dikasih naungan, sehingga meminimalisir terjangkitny jamur, karena meskipun kadang ada angin berair, istilah bahasa banjarnya tempias atau tampias, setidaknya lebih minim hamanya, dibanding yang kehujanan. 

Memilih Varietas Anggur / Jenis yang tahan Jamur

selain itu anda juga bisa mengganti varietas anggurnya dengan jenis anggur yang tahan jamur, di kebun mini saya sendiri ini, ada beberapa varietas yang memang sangat tahan terhadap jamur, ada saya ulas di video ini :

tahan bukan berarti dibiarkan saja, perawatan dengan cara penyemprotan tetap dilakukan ya guys, karena menjaga lebih baik dari mengobati.

note:

Kami Menjual Bibit Anggur berbagai jenis bisa langsung ke rumah atau pengiriman untuk wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. WA - 081235871313

Komentar

Postingan Populer