Cari Blog Ini

Arsip

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Postingan Populer

Kamis, Maret 19, 2020

Pengertian Vitamin Beserta Fungsinya

buah merupakan sumber vitamin bagi tubuh

Vitamin adalah sekelompok zat senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh organisme dan mempunyai fungsi penting untuk membantu proses yang terjadi didalam tubuh. Tubuh kita membutuhkan vitamin dalam menjalankan proses-proses seperti pencernaan, metabolisme dan lain sebagainya, sehingga tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Ada begitu banyak jenis vitamin yang mempunyai manfaat masing-masing bagi tubuh. Berikut jenis vitamin dan fungsinya!

•    Vitamin A yang dikenal dengan retinol, berfungsi untuk pertumbuhan, menjaga kesehatan mata dan perawatan kecantikan pada kulit agar licin dan halus. Makanan yang mengandung vitamin A adalah labu siap, sayuran berwarna hijau, wortel, semangka, ubi jalar, avokad dan masih banyak lagi.
•    Vitamin B1 yang disebut dengan tiamin, fungsinya untuk mengatur fungsi organ-organ pernapasan, menambah nafsu makan serta mengendalikan sistem syaraf. Makanan yang mengandung vitamin B1 adalah kecambah, biji-bijian yang masih mempunyai kulit ari, ragi, telur, kacang-kacangan dan lainnya. 

•    Vitamin B2 disebut dengan riboflavin, fungsinya menjaga kesehatan rambut, kuku, kulit dan membantu proses metabolisme untuk mendapatkan energi. Makanan yang mengandung vitamin B2 adalah susu, telur, kacang-kacangan dan lainnya. 

•    Vitamin B6 yang disebut dengan piridoksin, fungsinya menjaga kesehatan rambut dan kulit, pertumbuhan, mengurangi rasa mual, kejang lengan dan lainnya. Makanan yang mengandung vitamin B6 adalah biji-bijian yang masih memiliki kulit air, jagung, ikan dan masih banyak lagi. 

•    Vitamin B12 fungsinya memperbaiki daya konsentrasi dan membantu pembentukan sel-sel darah merah. Bisa didapatkan dari telur, hati dan daging. 

•    Vitamin C dikenal dengan asam askorbat yang berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, menanggulangi alergi dan skorbut serta meningkatkan kekebalan tubuh. bisa diperoleh dari jeruk, nanas, jambu biji, tomat, sayuran segar dan lainnya. 

•    Vitamin D bergungsi untuk memperkuat rangka tubuh dan membantupembentukan tulang dan gigi. Makanan yang mengandung vitamin ini adalah susu, kuning telur, minyak ikan, mentega, ikan laut dan lain sebagainya. 

Selain itu, masih ada vitamin E dan K yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

0 on: "Pengertian Vitamin Beserta Fungsinya"