Cari Blog Ini

Arsip

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Postingan Populer

Kontributor

Selasa, Desember 10, 2019

Mencegah Diaper Rash pada Bayi


Diaper cream baby atau krim untuk ruam popok menjadi salah satu benda yang wajib Anda persiapkan ketika memiliki bayi. Diaper cream memiliki kegunaan sebagai pencegah munculnya ruam pada kulit bayi akibat menggunakan popok. Tidak semua bayi mengalami ruam popok, tetapi sebagian besar terjadi akibat popok yang lembab.

Banyak Ibu yang baru memakaikan diaper untuk ruam popok setelah ruam terjadi. Ini adalah hal yang salah. Kegunaan diaper cream sebenarnya untuk mencegah terjadinya ruam akibat pengunaan popok. Apabila ruam sudah muncul lama maka perlu pengobatan langsung dari dokter spesialis anak demi menghindari infeksi yang lebih lanjut.

Langkah-langkah pencegahan diaper rash :

1.    Pastikan Kulit Bayi Kering

Saat mengganti popok bayi, pastikan Anda telah mengeringkan area bokong, lipatan dan kelamin bayi dengan handuk kering. Tujuannya agar kulit benar-benar bersih dan kering saat menggunakan diaper cream. Kulit bayi yang basah dan lembab adalah salah satu pencetus munculnya ruam popok.

2.    Cara Mengoleskan Krim

Oleskan krim ke seluruh permukaan kulit yang tertutup oleh popok seperti bokong dan kulit di sekitar bagian perut dan selangkangan. Jangan mengoleskan krim ke bagian kelamin untuk menghindari iritasi atau infeksi. Setelah mengoleskan krim, tunggu beberapa saat hingga krim benar-benar meresap di kulit bayi.

3.    Pakai Secara Teratur

Seperti yang disebutkan di awal tadi, jangan menggunakan diaper cream hanya saat ruam muncul. Pakaikan diaper cream secara teratur setiap mengganti popok dan setelah mandi. Hal ini bertujuan untuk mencegah munculnya ruam pada kulit bayi. Sediakan diaper cream dirumah dan pada diapers bag saat Anda bepergian.

4.    Oles di Bagian Lainnya

Diaper cream bukan hanya dapat digunakan untuk ruam di bagian popok. Beberapa bayi juga memiliki kulit yang sensitive sehingga di bagian lipatan kulit yang ada di bagian tangan, paha atau leher juga dapat di oleskan diaper cream setelah mandi. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya ruam pada lipatan kulit.

Perhatikan juga kandungan yang terdapat pada diaper cream agar sesuai dengan kondisi kulit bayi Anda. Formula antibakteri adalah salah satu kandungan terbaik yang ada di dalam diaper cream karena itu, pastikan diaper cream pilihan Anda memiliki formula antibakteri.

0 on: "Mencegah Diaper Rash pada Bayi"