Cari Blog Ini

Arsip

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Postingan Populer

Selasa, Desember 17, 2019

cara mudah cek domain yang tersedia atau belum dimiliki orang lain

Domain merupakan salah satu hal penting untuk menunjang berbagai aktifitas online kita, entah itu untuk berjualan, maupun untuk hal pribadi semacam diary catatan zaman dulu yang masih menggunakan buku catatan kecil, dengan perkembangan zaman saat ini, diary sudah jarang digunakan,dengan hadirnya berbagai teknologi digital yang perlahan menggeser dominasi dunia percetakan. Nah domain lah salah satu hal yang pertama harus kita miliki,

Ada banyak cara untuk mencek domain tersebut masih tersedia atau belum dimiliki orang lain sehingga kita bisa membelinya untuk berbagai kebutuhan tersebut, saya sendiri hingga saat ini memiliki sekitar 80an domain untuk keperluan berbagai pekerjaan saya, dan pastinya akan saya tambah terus tergantung kebutuhan lainnya, ya begitulah, untuk kebutuhan SEO pastinya.
ada banyak situs penyedia domain yang sekaligus selain mereka memberikan fitur search atau cek domain tersedia, mereka juga menawarkan domain tersebut untuk dibeli, dan pastinya dengan harga yang berbeda, tergantung tipe domainnya, oiya sebelum kita melangkah ke bagian cek domain, alangkah baiknya kita mengenal dahulu apa itu domain?

Dikutip dari wikipedia, 
domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain.
Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

gimana? sudah paham sobat, saya akan terangkan lebih singkat, jadi istilahnya domain itu adalah nama apapun sesuatupun, contoh misal sebuah mesin cuci, setiap mesin cuci mempunyai berbagai mrek, seperti uchida, LG, samsung, sharp dan berbagai merek lainnya, nah, nama mesin cuci itulah yang diibaratkan dengan domain. nah mesin cuci itu kan juga mempunyai berbagai tipe dan jenisnya, begitu juga domain, contoh, berkaitan dengan wilayahnya, maka domain Indonesia biasanya berakhiran dengan ID, seperti domain saya ini iezul.web.id atau iezul.co.id yang mana domain-domain tersebut disubsidi oleh pemerintah, sehingga harganya lebih murah dibanding domain internasional seperti .com, .net, .info dan lainnya

Setelah anda mempunyai domain, anda bisa menjadikan domain tersebut sebagai apa, itu adalah hak  preogatif dari anda, misal sebagai situs berita, situs pribadi, maupun berbagai jenis situs lainnya.
tips selanjutnya adalah bagaimana cek ketersediaan domain tersebut masih tersedia atau tidak, ada banyak situs penyedia domain yang selalu memberikan harga promo, agar lebih mudah kita pilih salah satu saja, saya banyak membeli domain di situs penyedia ini, yaitu di domainesia.com, berikut stepnya :

contoh pencarian domain
  • -    Buka situs domainesia.com
  • -    pilih menu domain untuk mengetahui berbagai jenis domain yang promo, cmiiw, hehe biasalah rakyat +62 lebih menyukai sesuatu yang berbau promo
  • -    bisa juga langsung di kolom pencarian di halaman utama domainesia tersebut
  • -    dikolom tersebut tertulis “ketik nama domain anda”
  • -    bisa anda ketik nama yang anda inginkan. lihat gambar di atas
  • -    nah, saya memasukkan keyword iezul, yang kemudian keluar beberapa opsi nama domain yang bisa anda jadikan pilihan, tinggal anda lanjutkan saja untuk membeli.

Gimana? mudah banget kan, ayo amankan nama domain anda sebelum dibeli orang lain, kali aja suatu hari nanti anda sukses karena nama domain tersebut, rezeki sapa yang tau, iya kan!
Salam.

0 on: "cara mudah cek domain yang tersedia atau belum dimiliki orang lain"