Tips Jitu Investasi Kripto Untuk Pemula, Dijamin Aman!

zul
0

Investasi aset digital kripto setahun belakangan ini sedang naik daun. Saat pandemi, banyak sektor industri yang lesu dan gulung tikar. Disaat bersamaan, makin banyak pula orang-orang yang mulai mencoba cara lain untuk mendapat cuan. Mulai dari bisnis online sampai masuk ke dunia investasi. Beberapa jenis investasi seperti saham, reksadana, dan emas sempat menjadi primadona sampai viralnya investasi Bitcoin yang dielu-elukan oleh miliarder Elon Musk. Bitcoin hanyalah satu dari banyak aset digital yang bisa kamu investasikan dalam mata uang kripto.


Sama halnya seperti jenis investasi lain, supaya bisa mendapat keuntungan tentu kamu harus jeli dalam membaca situasi pasar. Selain itu, kamu juga perlu menyusun strategi investasi yang tepat. Jika kamu baru mulai berinvestasi kripto, tentu kamu wajib memahami pengetahuan dasarnya agar tak salah langkah dan merugi. Sebab, banyak investor pemula yang mengalami panic buying dan mudah terpengaruh dengan opini orang lain. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui beberapa tips berinvestasi kripto salah satunya adalah memilih platform yang aman dan terpercaya. Kamu bisa melakukan trading kripto instan di Pluang, simak juga beberapa tips berikut ya!

Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin
Tips awal yang bisa kamu lakukan sebelum mulai berinvestasi adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Informasi ini bisa berupa istilah-istilah dalam investasi, jenis-jenis mata uang kripto, harga jual dan beli terbaru, dan pengalaman investor lain. Kamu bisa memperoleh informasi ini dari berbagai sumber, misalnya dari media sosial, buku, atau platform investasi Pluang. Dikutip dari The Asian Parent, kamu juga bisa mempelajari prospek dan teknologi yang digunakan dalam sistem koin digital yang kamu minati sehingga kamu bisa memprediksi keuntungan di kemudian hari.

Tetapkan Jangka Waktu Berinvestasi
Setelah mengumpulkan cukup informasi, selanjutnya kamu bisa menentukan berapa lama jangka waktumu untuk berinvestasi. Apakah kamu ingin berinvestasi selama satu tahun, 6 bulan, 3 bulan, atau bahkan lebih singkat lagi? Menentukan jangka waktu investasi bisa memudahkanmu dalam mencari aset kripto yang tepat dan sesuai dengan target investasimu. Kamu juga bisa memprediksi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam jangka waktu yang sudah kamu tentukan.

Gunakan Uang Dingin & Hindari Meminjam Uang
Tips selanjutnya dalam berinvestasi adalah menggunakan uang dingin. Lantas apa itu uang dingin? Dikutip dari Tribun News, uang dingin adalah sejumlah uang yang tidak dipakai untuk kebutuhan harian. Jadi uang dingin ini bisa juga dibilang sebagai uang yang sudah kamu pisahkan setelah dana kebutuhan harianmu terpenuhi. Dalam berinvestasi, tentu tidak akan selalu untung. Kadang, kamu mungkin akan mengalami kerugian ketika harga sedang turun atau menjual aset di harga yang lebih rendah. Menggunakan uang dingin akan mengamankan finansialmu sehingga tidak akan mengganggu kebutuhan lain. Pastikan kamu tidak berinvestasi dengan uang pinjaman, sebab investasi kripto akan selalu mengalami perubahan harga. Jika harga sedang turun dan berada di luar ekspektasimu, justru kamu bisa sangat merugi dan memperburuk kondisi finansialmu.

Pilih Platform Investasi yang Tepat
Tips berikutnya adalah memilih media atau platform investasi yang tepat. Saat ini, ada banyak media investasi online yang menawarkan jaminan investasi yang mudah, aman, dan memberikan banyak keuntungan. Sekilas, tentu sangat menarik untuk dicoba. Namun, kamu perlu berhati-hati dalam memilih media investasi untuk menghindari penipuan dan bocornya data pribadi. Rekomendasi platform investasi yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi Pluang.

Beli Saat Harga Murah
Tips selanjutnya adalah dengan membeli koin saat harga murah. Harga koin digital bersifat volatile, artinya sangat mudah berubah-ubah. Oleh karenanya, kamu harus jeli dalam melihat grafik perubahan harganya dalam waktu satu hari, satu minggu, atau satu bulan terakhir. Pastikan kamu membeli ketika harga sedang murah, sebab ketika harga tinggi maka besar kemungkinan mengalami penurunan dan kamu akan merugi. Tentunya persepsi murah atau mahalnya harga setiap investor berbeda, jadi gunakan penilaianmu sendiri ya!

Jangan Mudah Terpengaruh
Tips terakhir adalah jangan mudah terpengaruh dengan opini orang lain. Dikutip dari VOI, biasanya investor pemula sering merasa takut ketinggalan atau biasa disebut FOMO. Perasaan takut ini memunculkan perilaku panic buying dan cenderung ikut-ikutan. Tindakan ini bisa sangat merugikanmu nantinya, jadi pastikan kamu membeli aset karena memahami market dan prospeknya. Selain itu, biasanya investor pemula akan mudah terpengaruh opini dari pihak-pihak lain yang dilihatnya mempunyai pengaruh yang besar.

Itulah beberapa tips jitu berinvestasi kripto untuk pemula. Pastikan kamu sudah memahami cara kerja dan prospek aset yang akan kamu beli. Hindari ikut-ikutan trend orang lain dan jangan lupa gunakan uang dingin yang tidak terpakai.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top