Cari Blog Ini

Arsip

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Postingan Populer

Rabu, Juni 10, 2020

Gusi Sering Berdarah? Kenali Penyebabnya Berikut

ilustrasi permasalahan gusi

Gusi merupakan salah satu bagian mulut yang letaknya berkaitan dengan gigi dan mulut secara keseluruhan. Salah satu masalah yang sering dialami pada gusi yakni gusi sering berdarah. Iya masalah tersebut umumnya terjadi karena cara menyikat gigi yang kurang tepat atau terlalu keras sehingga mengakibatkan gusi luka dan berdarah. Selain kesalahan menggosok gigi, gusi berdarah juga disebabkan oleh beberapa faktor yakni sebagai berikut:

1.    Kekurangan mengkonsumsi vitamin C dan vitamin K
Kekurangan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga menjadi salah satu penyebab munculnya masalah gusi berdarah. Dalam hal ini vitamin C memang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat tulang. Selain vitamin C, vitamin K juga dibutuhkan untuk berperan dalam proses pembekuan darah. Nah jika Anda kekurangan vitamin C dan vitamin K, maka yang terjadi yaitu mudahnya terjadi pendarahan termasuk pada bagian gusi.

2.    Radang gusi
Radang gusi merupakan salah satu penyebab gusi berdarah. Adapun radang gusi sendiri dapat dipicu oleh menempelnya plak gigi pada gusi. Dalam hal ini plak yang menumpuk dan mengeras dapat membentuk karang gigi serta menimbulkan peradangan pada gusi. Nah jika kondisi gusi Anda sudah demikian, maka kemungkinan akan lebih sering berdarah. 

3.    Periodontitis
Periodontitis atau infeksi pada gusi juga merupakan salah satu penyebab gusi berdarah. Dalam hal ini radang gusi yang tidak segera diobati akan mengakibatkan risiko periodontitis yang kemudian dapat mengakibatkan rusaknya jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Nah gusi berdarah merupakan gejala awal dari masalah periodontitis. 

4.    Leukimia
Leukimia merupakan kanker yang menyerang sel darah putih. Pada penderita leukimia, sel-sel darah putih meningkat jumlahnya dibandingkan dengan jumlah trombosit yang mana fungsi trombosit sendiri adalah untuk menghentikan pendarahan. Nah kondisi inilah yang kemudian membuat penderita leukimia sering mengalami beberapa masalah seperti gusi beradarah, mimisan, dan sebagainya.
Nah itulah beberapa penyebab dari timbulnya masalah gusi berdarah. Selain hal-hal diatas masih banyak lagi penyebab lainnya seperti pemasangan gigi palsu, flossing dengan cara yang kurang tepat, adanya perubahan hormon pada kehamilan, diabetes, hemofilia, dan sebagainya. Nah untuk mengatasi masalah gusi berdarah, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut:
•    Anda dapat menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan menggunakannya secara perlahan. Lakukan juga flossing gigi dua kali sehari yang tujuannya adalah untuk mencegah timbulnya plak pada gigi.
•    Pastikan kebutuhan cairan tubuh Anda tercukupi yakni dengan menum air putih minimal 8 gelas per hari sehingga dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi yang kemudian dapat membentuk plak.
•    Anda juga dapat menggunakan obat kumur setiap hari yang manfaatnya adalah untuk membantu membunuh bakteri penyebab masalah pada gusi. Dalam hal ini pastikan Anda menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol. Hal ini tidak dianjurkan karena dapat memperburuk keluhan gusi yang sering berdarah.
•    Hindari atau batasi mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat panas atau sangat dingin. Hal ini karena makanan atau minuman tersebut dapat membuat gigi dan gusi menjadi rusak.
•    Hindari dan kelola stres Anda dengan berbagai hal yang positif. Dengan stres yang baik Anda dapat mencegah kadar hormon kortisol yang dapat menyebabkan peradangan pada seluruh tubuh termasuk pada bagian gusi.
Nah itu dia bebererapa faktor yang mengakibatkan gusi sering berdarah dan berbagai tips untuk mengatasinya, semoga bermanfaat.

0 on: "Gusi Sering Berdarah? Kenali Penyebabnya Berikut"