Cari Blog Ini

Arsip

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Postingan Populer

Kontributor

Selasa, Februari 04, 2020

Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Umrah ataupun Haji


Haji atau umroh merupakan salah satu ibadah yang paling diidam-idamkan oleh umat muslim. Bahkan banyak juga yang menyiapkan tabungan umrah atau haji sejak dini agar mereka bisa berangkat haji di usia yang masih muda. Pasanya memang setiap tahunnya terdapat ribuan jama’ah muslim di Indonesia yang berangkat ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji atau umrah. Untuk ibadah haji, saat ini memang memerlukan waktu tunggu yang agak lama bahkan bisa mencapai dua puluh tahun.

Dengan demikian tentunya bagi mereka yang ingin berangkat haji haruslah rela menghabiskan waktu selama sektar 10 sampai 20 tahun untuk menunggu keberangkatan. Maka dari itu, saat ini ibadah umrah mulai banyak diminati. Pasalnya tidak sama dengan ibadah haji yang keberangkatannya ditentukan dalam satu waktu setiap tahunnya yakni antara bulan dzulqo’dah hingga dzulhijjah, maka ibadah umrah bisa berangkat kapan saja. Waktu tunggu pada ibadah umrah juga relatif jauh lebih cepat dibandingkan ibadah haji. 

Untuk melaksanakan ibadah umrah, tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, banyak orang yang menabung terlebih dahulu hingga pada akhirnya mereka mampu berangkat umrah. Iya menabung merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengumpulkan dana guna bisa berangkat umrah. Dalam menabung untuk mempersiapkan dana berangkat umrah, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips menyiapkan tabungan umrah:

1.    Mantapkan niat untuk beribadah umrah
Memang di dalam Islam, segala sesuatu akan bergantung pada niatnya. Mengingat umrah juga memerlukan biaya yang tidak sedikit, perjalanan jauh, maka niat harus di mantapkan oleh mereka yang ingin berangkat umrah. Nah ketika niat sudah di mantapkan untuk berangkat umrah dengan niat benar-benar lillahi ta’ala, maka Anda akan lebih mudah dan lebih bersemangat dalam berusaha menjemput rezeki serta menyisihkannya untuk calon biaya umrah. 

2.    Buatlah tabungan
Ketika Anda telah mantab untuk berniat akan melaksanakan ibadah umrah, maka Anda dapat mengumpulkan uang Anda sedikit demi sedikit dengan cara membuka tabungan umrah. Iya menabung memang salah satu cara yang tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Dalam hal ini Anda bisa membuka tabungan di beberapa jasa penyedia tabungan seperti bank syariah, dan sebagainya. Dengan memiliki tabungan, maka Anda bisa dengan mudah menyisihkan serta mengumpulkan keuangan Anda, kalau ada niat, maka menabung untuk haji akanlah sangat mudah.

3.    Konsisten dalam menabung
Setelah memiliki tabungan umrah, maka langkah selanjutnya adalah menabung dengan konsisten. Iya konsisten atau istiqomah memang merupakan hal yang sulit, apalagi menabung. Sebab jika Anda tidak memiliki penghasilan yang tetap, uang belanja selalu naik turun, dan sebagainya, memang akan sedikit sulit untuk dapat menabung secara konsisten. Namun dalam hal ini jika Anda sudah memiliki niat yang mantap dan Anda pun sudah terbiasa, maka menabung secara konsisten akan lebih mudah. Dalam hal ini Anda dapat menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan Anda untuk ditabung. Tidak perlu menunggu uang ngumpul banyak dulu baru menabung, sebab hal tersebut bisa saja membuat uang Anda habis untuk memenuhi berbagai keinginan dan kebutuhan.

4.    Lakukan penghematan yang realistis
Tentunya kita sudah mendengar bukan pepatah yang mengatakan “hemat pangkal kaya”. Iya dalam hal ini penghematan merupakan langkah yang harus Anda lakukan untuk segera mewujudkan cita-cita Anda untuk pergi umrah. Hemat bukan berarti pelit, namun Anda bisa tetap melakukan penghematan secara realistis. Atur pengeluaran Anda sebaik mungkin dengan cara menggunakannya pada hal-hal yang Anda butuhkan saja, bukan yang Anda inginkan, serta lebih banyak menyisihkannya untuk mengisi tabungan umrah. Dalam hal ini jangan lupa sedekah juga, sebab sedekah dapat menambah rezeki bagi Anda maupun keluarga.

0 on: "Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Umrah ataupun Haji"