Hot!

Mengenal Berbagai Motif Sasirangan dan Model Bajunya

Kain Sasirangan merupakan sebagai salah satu kain yang diwariskan secara turun temurun di Kalimantan Selatan. Kain ini dibuat pertama oleh Patih Lambung Mangkurat setelah dari bertapanya selama 40 hari 40 malam diatas rakit Balaratu Banyu. Karena di hasilkan dari sejarah yang penuh misteri, kain sasiangan ini sampai sekarang dipercaya memiliki kekuatan magis. Kain ini dipercaya juga untuk pengobatan, khususnya digunakan untuk mengusir roh jahat dan melindungi diri dari adanya gangguan makhluk halus. 

Pada awal kemunculannya kain sasirangan ini sebenarnya memiliki bentuk serta fungsi yang cukup sederhana, seperti ikat kepala, sabuk tapih bumin untuk lelaki, kerudung, selendang, udat dan kemudian ada kekamban digunakan untuk perempuan. Sejalan dengan perkembangan zaman, kain ini juga digunakan untuk pakaian adat yang digunakan oleh masyarakat biasa ataupun digunakan oleh kalangan rakyat biasa maupun kalangan bangsawan pada saat mengikuti upacara adat.

Akan tetapi kini perkembangan zaman telah mengubah fungsi daripada kain sasirangan tersebut. Nilai-nilai mistis yang sakral seolah-olah kini ikut memudar tergerus oleh adanya arus globalisasi mode. Globalisasi menjadikan kain tersebut tidak hanya mengalami proses desakralisasi, sehingga ini berubah menjadi pakaian sehari-hari namun juga semakin dilupakan. Padahal bisa dikatakan kalau kain sasirangan ini merupakan sebagai salah satu perwujudan dari pengetahuan dari masyarakat lokal Kalimantan selatan. Dengan kita mengetahui sejarah sasirangan atau kain sasirangan ini maka kita juga akan mengenal nilai hidup yang berkembang di masyarakat Kalimantan selatan, dalam hal keyakinan, budaya dan ekonomi.

Untuk Anda yang ingin mengenal kain sasirangan ini, Anda perlu tahu kalau kain tersebut banyak motif yang tersedia. Apa saja motif tersebut?
Berbagai Motif Kain Sasirangan

Jika Anda ingin menggunakan Kain sasirangan ini maka Anda bisa menemukan banyak motif. Bisa dibilang motif kain sasirangan ini sangat banyak dan pastinya jika Anda gunakan membuat penampilan tampak lebih elegan. 

Dikutip dari Wikipedia, Pemerintah mengakui melalui Dirjen HAKI Departemen Hukum dan HAM RI beberapa motif sasirangan sebagai berikut :
  1.     Iris Pudak
  2.     Kambang Kacang
  3.     Bayam Raja
  4.     Kulat Karikit
  5.     Ombak Sinapur Karang
  6.     Bintang Bahambur
  7.     Sari Gading
  8.     Kulit Kayu
  9.     Naga Balimbur
  10.     Jajumputan
  11.     Turun Dayang
  12.     Kambang Tampuk Manggis
  13.     Daun Jaruju
  14.     Kangkung Kaombakan
  15.     Sisik Tanggiling
  16.     Kambang Tanjung
Jika Anda menginginkan berbagai model motif dari kain tersebut, maka Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko oleh-oleh yang ada di Kalimantan Selatan. Bisanya jika semakin rumit kain tersebut maka harganyapun juga semakin mahal. Selain Anda bisa memperoleh dengan bentuk kain, maka Anda juga bisa memperoleh sasirangan tersebut dalam bentuk baju, nah apa saja model baju yang tersedia dari kain sasirangan tersebut?

Model Baju Sasirangan untuk Kerja
Baju sasirangan ini merupakan salah satu baju khas yang digunakan wajib dilingkungan daerah Kalimantan Selatan. Hal ini karena adanya aturan yang mewajibkan untuk menggunakan batik khas dari daerah masing-masing, tak terkecuali di Kalimantan selatan tersebut. Sehingga pasti saja di daerah Kalimantan ini diwajibkan untuk menggunakan baju sasirangan.

Untuk Anda yang penasaran, kain sasirangan ini bisa dibuat untuk model Baju apa saja, berikut beberapa referensi untuk Anda:

1.    Model Baju Sasirangan Klasik
Dikatakan klasik karena motif baju sasaringan yang satu ini, dibekali dengan motif sasirangan asli yang didominasi dengan sentuhan etnik.

2.    Model Baju Sasirangan Kombinasi
Untuk Anda yang kini menginginkan untuk memiliki tampilan yang elegan, maka bisa memilih baju sasirangan yang menggunakan sedikit kain sasirangan saja yang ditambah dengan menggunakan kombinasi kain polos. Dengan menggunakan kombinasi ini, maka akan lebih hemat kain sasirangan, dan tentu akan terlihat beda dengan yang lainnya saat digunakan.

3.    Model Baju Sasirangan Modern
Model yang modern, tentunya juga bisa Anda pilih. Sasirangan modern ini yaitu yang memiliki motif terbaru, yang sekarang lebih terlihat minimalis corak.

4.    Model Baju Sasirangan Gaul
Gaul merupakan istilah yang biasanya lekat dengan anak muda, pastinya begitu. Istilah ini sebenarnya memberikan makna sebagai cara berpakaian yang lebih kekinian dan mengikuti perkebangan zaman. Lantas bagaimana model baju sasaringan yang gaul ini?
Ya, ini merupakan model baju sasaringan yang di desain mendekati gaya anak muda saat ini dengan model slim fit.

5.    Model Baju Sasirangan Pesta

Berikutnya ada model baju pesta yang dimana ini hamper mirip dengan model baju sasaringan kombinasi, namun model baju sasaringan ini sebenarnya memiliki banyak varisi kain sehingga akan Nampak bercorak dan berwarna. Kalau Anda menginginkan untuk bisa menjadi pusat perhatian orang pada saat sedang menghadiri suatu pesta maka baju model yang sati ini bisa menjadi referensi yang bisa Anda kenakan.

6.    Model Baju Sasirangan Rainbow
Model rainbow, merupakan sebagai salah satu model baju dengan motif sasaringan yang kini banyak dicari, meskipun kini baju tersebut sebenarnya lebih mengadopso hiris pudak. Baju ini dibuat tempak lebih modern dengan menggunakan 5 warna yang berbeda sehingga ini akan menjadi tampak lebih rame dan mencolok.

7.    Model Baju Sasirangan Anak-Anak
Selain bisa dibuat untuk berbagai model baju diatas untuk orang dewasa, kain sasaringan sendiri juga bisa dibuat untuk anak-anak. Anda bisa memilih baju sasaringan ini untuk anak-anak, dengan menggunakan baju menggunakan kain sasaringan anak akan tampak lebih menarik. Terlebih untuk Anda yang mendesainnya dengan sebaik dan seunik mungkin.

Nah untuk Anda pastinya sekarang sudah tahu mengenai sejarah, macam-macam motif dan juga berbagai model baju yang terbuat dari kain sasirangan. Semoga informasinya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar