Hot!

Tips Membersihkan Sepatu Kulit


Sepatu kulit dikenal keras digunakan dan sempurna untuk dipakai saat musim hujan. Namun hanya dengan perawatan yang benar sepatu jenis ini mampu bertahan terhadap cuaca. Apapun merek sepatu yang anda miliki, jika tidak bisa merawatnya akan cepat rusak. Tidak diragukan memang sepatu kulit adalah bagian besar dalam industri mode dan setiap pria harus memiliki setidaknya satu pasang merk sepatu kulit terkenal. 

Karena selalu diminati, harga sepatu kulit sangat tinggi. Tapi sekarang, anda tak perlu khawatir lagi karena di Indonesia sudah banyak brand sepatu lokal yang memproduksi sepatu dengan kualitas tinggi. Jika membeli merek sepatu loka, maka anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau menunggu waktu lama untuk menabung. Setelah mempunyai sepatu kulit, perlakukanlah dengan tepat dan begini cara membersihkannya!

Cara Membersihkan Sepatu Kulit Boots Dengan Tepat

Gunakan koran
Pertama, letakkan lembaran koran di permukaan yang akan anda bersihkan untuk menghindari kerusakan. Anda mungkin ingin melepas tali sepatu untuk mencegah terkena kotoran selama proses pembersihan.

Jangan lupa siapkan sabun dan air
Sabun dan air akan menjadi cara tercepat dan termudah untuk menghilangkan kotoran dan noda kecil pada sepatu kulit anda. Namun, alangkah baiknya jika anda membeli produk pembersihan sepatu kulit yang disarankan oleh produsen. 

Pakai sikat kecil yang lembut
Kemudian, celupkan sikat kecil ke dalam air campuran sabun tadi dan terapkan pada sepatu dengan gerakan melingkar di permukaan sepatu untuk menyingkirkan kotoran. Sikat seluruh area sepatu dan pastikan semuanya bersih. Sebab, kotoran bisa membuat serat pada kulit rusak dan menyebabkan retakan. Tentu, itu tidak bagus untuk sepatu kesayangan anda, terlebih jika anda membeli merek sepatu yang terkenal. 

Biarkan kering selama 20 menit sebelum disemir
Setelah metode pembersihan kotoran, anda harus menunggu sepatu sampai kering dan membiarkannya selama 20 menit. Baru setelah itu menyemirnya dengan semir khusus sepatu kulit. Anda bisa mendengarkan saran produsen merk sepatu kulit anda agar hasil semiran menjadi bagus.

Cara membersihkan sepatu kulit formal
Kalau anda mempunyai sepatu kulit formal, cara membersihkannya sedikit berbeda, inilah caranya :

·       Campurkan cuka putih dan air ke dalam mangkuk dan celupkan kain kecil ke dalam campuran.
·       Terapkan pada bagian sepatu yang memiliki noda. Kalau noda yang sulit hilang, lakukan penekanan lebih tapi halus saat menerapkan kain pembersih itu.
·       Setelah noda atau kotoran hilang, bersihkan bekasnya dengan kain basah dan biarkan kering selama sekitar 20 menit sebelum dipoles.

Cara Menyemir Sepatu dan Sepatu Kulit
Setelah dibersihkan, pastikan untuk memberikan apa yang terbaik untuk sepatu kulit anda yakni lindungi dan semirlah agar menawan. Ketika kita menyemir sepatu sama saja seperti saat anda melembabkan wajah setelah mencucinya. Langkah ini membuat sepatu bersinar dan memperbaiki bagian sepatu yang rusak. 

Caranya, oleskan krim semir ke kain lembut dan terapkan pada dengan gerakan melingkar. Lakukan sampai ke semua bagian sepatu. Pastikan untuk menggunakan sermi yang warnanya jernih atau warna yang sama persis dengan sepatu anda untuk mencegah perubahan warna terjadi. Para ahli umumnya merekomendasikan semir dari lilin lebah berbasis lanolin, yang bisa melunak dan melindungi pada saat yang sama.

Nah, itulah beberapa langkah dalam membersihkan noda dan menyemir sepatu. Dengan mempraktikkan cara tersebut, anda akan mengenakan sepatu yang bersih, berkilau dan menyenangkan dipandang.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik