Hot!

Kimchi, Makanan Korea yang Kaya Akan Manfaat

foto:ndtv.com

Kimchi, makanan ini mungkin sudah tidak asing ditelinga Anda. Secara umum, makanan ini dibuat dari kol serta pasta cabai dan dikemudian difermentasikan. Sebetulnya, ada begitu banyak jenis makanan khas dari Korea yang dibuat dengan proses fermentasi. Tetapi, makanan ini yang terkenal dan yang paling sering ditemukan di seluruh rumah makan Korea di Indonesia. proses fermentasi pada makanan ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Penasaran, apa saja manfaat yang dimilikinya?

Pertama, kulit Anda menjadi semakin cantik. Makanan ini memiliki kandungan selenium. Selenium sebenarnya adalah bagian dari glutathione yaitu bahan yang bisa menyusun vitamin C ke tubuh dan mempertahankan kandungannya di dalam tubuh. dengan kata lain, makanan ini bisa mengefektifkan fungsi dari vitamin C dalam tubuh. Anda pasti mengetahui bukan jika vitamin C begitu berguna untuk kecantikan? Jika Anda mengkonsumsi makanan ini secara rutin seperti orang Korea, pasti Anda bisa memperoleh kulit yang berseri serta rambut yang berkilau.

Kedua, proses penuaan kulit menjadi semakin lambat. Proses dari fermentasi pada makanan kimchi  dilakukan selama kurang lebih 2 minggu. Hal ini membuatnya kaya dengan kandungan antioksidan. Antioksidan ini yang bisa membuat kulit Anda menjadi awet muda serta terhindar dari adanya kerutan. Bukan hanya itu, antioksidan yang begitu tinggi pada makanan ini bisa menjadi alat pencegah oksidasi sel kulit sehingga kulit akan terlihat rileks dan segar walaupun Anda sedang stress sekalipun.

Ketiga, membantu penurunan berat badan Anda. Makanan ini memiliki kandungan capsaicin yang akan menekan tubuh untuk menggunakan sisa energi yang dihasilkan dari karbo yang Anda konsumsi, sehingga makanan ini akan membantu Anda mengurangi berat tubuh secara maksimal tanpa mengkonsumsi makanan dengan berlebihan. Selain itu di dalam 150 gram makanan ini hanya terdapat 40 kalori saja.

Keempat, penglihatan menjadi semakin jernih. Untuk manfaat yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah penglihatan. Selain vitamin C, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. dalam 100 gramnya terdapat 18% kebutuhan vitamin A harian. Oleh sebab itu bila Anda mengkonsumsi makanan ini dengan rutin, Anda bisa memperoleh penglihatan yang jernih serta sehat.

Selain itu ada berbagai manfaat lain dari kimchi yang bisa Anda peroleh, seperti:

  • Menjaga kesehatan pencernaan. Selain memiliki kandungan kalori rendah, makanan ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi. tentu saja hal ini membantu organ pencernaan untuk bisa menyerap makanan dengan mudah serta cepat,
  • Sebagai sumber probiotik. karena pembuatannya dengan cara fermentasi, makanan ini mempunyai kandungan probiotik yang begitu tinggi. kandungannya bisa menjaga tubuh sehingga tetap sehat serta membantu melawan seluruh infeksi. Selain itu makanan ini juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang berguna untuk memperlancar aliran darah,
  • Tekanan darah menjadi semakin menurun. Mengkonsumsi makanan ini dengan rutin setiap hari akan membantu menurunkan tekanan darah karena bahan yang dipergunakan untuk membuatnya adalah kubis dan bawang putih. Dua bahan ini memiliki kandungan selenium. Dua zat ini digunakan sebagai pengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga darah tetap stabil,
  • Kandungan antioksidan yang tinggi. antioksidan di dalam makanan ini bisa menjaga tubuh dari adanya radikal bebas yang bisa merusak tubuh. bahan seperti jahe, bawang putih dan merica bisa membantu sistem imun tubuh menjadi lebih hangat dan sebagai pencegah masuknya penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar