Sabtu, September 02, 2017

3 Pantai Terbaik Untuk Surfing Di Yogyakarta



Photo: agentwisatabromo.com

Keindahan ombak dan pesona lauta di pantai-pantai selatan Yogyakarta, memiliki daya tarik tersendiri dikalangan para pecinta olahraga surving. Ombaknya yang deras, berpadu dengan semilir angin menjadikan suasana yang nikmat untuk berselancar ataupun untuk bersantai di tepian pantai. Ombak pantai selatan Jogja memang terkenal ganas, saking berbahaya nya, hampir setiap bulan selalu ada saja wisatawan yang menjadi korban keganasan ombak pantai ini.

Meskipun demikian, ketinggian ombak yang mencapai tinggi sekitar 2-4 meter ini menjadi tantangan tersendiri bagi para penggemar surving. Lalu, dimana sajakah lokasi pantai yang cocok untuk berselancar? Berikut rekomendasi 3 pantai selatan di Yogyakarta yang memiliki ombak menantang yang cocok untuk dijadikan tempat berselancar.

     Pantai Parangtritis
Pantai yang satu ini merupakan pantai paling primadona di Yogyakarta. Hampir setiap momen liburan, pantai yang menjadi poros sumbu imajiner dari Kerajaan Mataram di masa lampau ini selalu dipadati oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Mudahnya akses dan jarak lokasi yang dekat dengan pusat kota Yogyakarta, menjadi alasan utama bagi pantai Parangtritis untuk menjadi ikon wisata pantai di Yogyakarta. Jika akses menuju ke pantai selatan lainnya harus menggunakan kendaraan pribadi, berbeda dengan akses menuju pantai Parangtritis. Para wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum atau bus khusus dengan jalur Yogyakarta-Parangtritis.

Pantai Parangtritis merupakan surga bagi para pecinta surfing, sebenarnya surfing di pantai Parangtritis baru kali ini saja. Karena sebelumnya, surfing masih dianggap cukup berbahaya karena ombaknya yang sangat ganas. Saat ini, para pecinta surfing di pantai Parangtritis telah membentuk komunitas dengan nama DPSC, dan pada waktu tertentu, komunitas ini beraksi diatas papan selancar dan bermain diatas derasnya ombak pantai Parangtritis. Bahkan, kegiatan dunia surfing di sini tak terlepas dari peran komunitas DPSC.Namun bagi para pemula, sebelum melakukan surfing di sini,  Anda harus mahir berenang.Karena deburan ombaknya cukup ekstrem. Keseruan bermain surfing dengan tetap menjaga keselamatan diri tentunya harus dijadikan prioritas utama.

     Pantai Wediombo
Pantai Wediombo merupakan salah satu objek wisata laut mempesona lainnya di Yogyakarta. Letaknya berada di desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak pantai ini sekira 40 km dari pusat kota Wonosari, dan jika melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta, jaraknya sekira 80 km. Meskipun lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun banyak transportasi umum yang menyediakan rute perjalanan ke objek wisata pantai paling timur di pesisir selatan Yogyakarta ini.

Jika ingin pergi ke lokasi ini dengan menggunakan transportasi umum, carilah bus umum ke Wonosari, untuk selanjutnya dari Kota Wonosari anda bisa beralih ke angkutan khusus menuju kawasan pantai selatan. Setelah sampai di kawasan pantai, anda bisa gunakan jasa tukang ojek khusus yang bisa mengantarkan anda ke Pantai Wediombo. Pantai ini dikenal sebagai tempat atau lokasi terbaik untuk surfing dari seluruh pantai-pantai yang berada di Yogyakarta. Sesuai namanya, pantai Wediombo memiliki pasir yang cukup luas, hal itulah yang menjadi ciri khas Pantai Wediombo.

Selain itu, di sisi kiri dan kanan pantai terdapat pegunungan karst yang membuat ombaknya selalu stabil di ketinggian tertentu. Pantai Wediombo juga menjadi satu-satunya pantai di Yogyakarta, yang memiliki komunitas surfing sendiri, komunitas para pecinta olahraga surfing bernama WOSS ini hampir setiap tahunnya mengadakan kegiatan surfing di pantai ini.

     Pantai Krakal
Pantai Krakal merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di kalangan wisatawan sebagai pantai paling populer dan terindah di Jogja. Pantai di ujung selatan Yogyakarta ini terletak di desa Ngestiharjo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul. Tak ubahnya pantai Wediombo, pantai Krakal juga memiliki hamparan pasir yang cukup luas, letaknya yang berada diantara pegunungan Gunungkidul, membuat ombak di pantai ini berarus stabil di ketinggian tertentu.

Deburan ombak di pantai ini juga tidak sedahsyat di pantai Wediombo. Itulah yang menjadikan pantai Krakal menjadi pilihan para pecinta surfing yang terbilang masih pemula, dan  memanfaatkan ombak pantai Krakal sebagai tempat belajar surfing. Di setiap akhir pekan, terlebih saat cuaca sedang ramah, pantai ini banyak dipenuhi oleh anak-anak remaja yang sedang berlatih surfing. Hal ini pula yang membuat pantai Krakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terlebih pemandangan orang-orang yang sedang berlatih surfing cukup jarang ditemui di pantai-pantai lain.

Siap berselancar di atas deburan ombak pantai selatan?  Siapkan diri anda untuk pergi ke Jogja dan cari promo pesawat dan promo hotel Jogja  yang banyak tersedia di situs booking online. Temukan harga tiket pesawat murah menuju Jogja dan promo hotel di Reservasi.com  Selamat berlibur! 


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top