Sabtu, September 17, 2016

pentingnya menyusui dini bagi ibu dan bayi

ASI atau Air Susu Ibu merupakan formula terbaik selama ini bagi anak yang masih belum ada tandingannya, betapa besarnya karunia Allah Swt yang menciptakan ASI ini tanpa ada cela sedikitpun, juga untuk Ibu yang kekurangan ASI sekarang ini bisa mendapatkannya dengan berbagai gerakan donor ASI juga sering kita jumpai saat ini.
menyusui dini bagi ibu dan bayi
pentingnya menyusui dini bagi ibu dan bayi foto:tanyabidan.com
Dalam Al-Qur’an surah Lukman dijelaskan bahwa perjuangan seorang ibu dalam mendidik anaknya dengan bersusah payah; mengandungnya dalam keadaan lemah bertambah-tambah, kemudian, menyusuinya selama dua tahun, hingga kita sekarang dewasa, peran Ibu tak akan tergantikan oleh siapapun, oleh karenanya di dalam surah tersebut juga dijelaskan bahwa meskipun orang tua kita mengajak kepada kemungkaran maka kita harus tetap menghormati mereka, berbicara lembut dengan mereka. ayat yang sangat jelas ini menerangkan bahwa betapa besarnya pengorbanan orang tua dalam kehidupan kita.

Berbicara tentang ASI, ada sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk sang buah hati, dari beberapa sumber yang saya dapatkan bahwa ASI mempunyai :
-    Penuh nutrisi dan mencegah berbagai penyakit.
-    Meningkatkan kesehatan, pertumbuhan dan daya tubuh bayi
-    Membantu mencegah konstipasi yaitu pencernaan yang buruk
-    Mengurangi resiko kegemukan atau diabetes
-    Mengurangi resiko berbagai infeksi.
-    Dan banyak manfaat lainnya.

Selain itu dengan pemberian ASI sejak dini kepada anak atau inisiasi menyusui dini akan menjalin berbagai hubungan kedekatan dan kasih sayang antara ibu dan anak, beberapa hal tersebut, seperti :
  • Kulit bayi yang bersentuhan langsung dengan kulit ibunya dapat membangun keintiman menjadi semakin dalam, proses ini pun juga membuat sang bayi menjadi hangat setelah keluar dari rahim Ibu, selain itu, menyusui bayi juga merupakan cara terbaik dalam meredam tangis bayi bahkan ketika dia sakit.
  • Bayi menjadi lebih tenang, dan relatif jarang sakit.
  • menstabilkan nafas bayi
  • membantu ibu lebih cepat dalam pemulihan setelah melahirkan.
Berbagai manfaat yang besar di atas masih banyak lagi pastinya, sehingga menyusui dengan ASI ini merupakan metode terbaik dalam mendidik anak di awal masa kehidupannya. Terlebih dengan pemberian ASI ini kita juga akan memberikan kasih sayang yang mendalam untuk bayi kita.
Salam

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top