Jumat, Agustus 03, 2012

Sekedar Masukan buat Dunia Pendidikan Indonesia

Guru terkenal dengan sebutan Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, kali ini saya ingin menuliskan apa yang ada di pikiran saya. Akhir-akhir ini saya bisa merasakan bagaimana perasaan para guru-guru kita sekarang yang sudah berumur 40 atau 50 tahun keatas.
mereka mengeluh dengan berbagai program pemerintah yang memberikan tes bagi para guru yang mendapatkan sertifikasi, iya, kenapa?

karena mereka merasa kesulitan ketika untuk di tes atau di uji ulang, karena umur mereka yang sudah tua belum tentu bisa menjawab tes dengan baik, apalagi ketika tes komputer, karena kebanyakan para guru-guru kita yang umur mereka memang sudah separuh baya memang benar-benar gaptek, kalau di persentasikan dari 100% mungkin hanya 30% yang bisa komputer, selebihnya memang tidak mengerti. Komputer saja belum bisa bagaimana lagi dengan tes penggunaan internet.

dan lebih ironis lagi kalau tidak lulus tes maka gaji sertifikasinya ditunda dan harus ikut pendidikan lagi.
nasib para guru
hemmm
menurut saya, memang bagus program pemerintah tersebut karena memang meningkatkan taraf pendidikan di Indonesia, tapi bagaimana dengan mereka para guru yang umur mereka sudah separuh baya. mereka mengabdikan dirinya untuk membangun anak bangsa puluhan tahun sedangkan jasa mereka masih belum terbayar.
bahkan di sekolah tempat saya honor, para guru senior ternyata masih kesulitan untuk naik pangkat atau golongan, hingga akhirnya bertahun-tahun mereka mengajar gaji mereka tetap segitu aja. belum lagi kalau nanti yang sertifikasinya ditunda. bagaimana tuu....

Sekedar masukan buat pendidikan Indonesia
sepertinya untuk para mereka yang sudah mengabdi bagi negara puluhan tahun, sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan yang sebesar-besarnya. memang kalau dengan ukuran keprofesionalan. saya yakin tidak semua guru profesional. tapi kita melihat dengan sebegitu lama mereka mengajar.
bukankah guru kita dulu mengajarkan membaca-menulis dengan sabarnya.
seperti sebuah lirik lagu dengan judul

Jasamu guru

Kita jadi bisa menulis dan membaca
Kar’na siapa .....
Kita jadi tahu beraneka bidang ilmu
Dari siapa .....
Kita jadi pintar dibimbing Pak Guru
Kita jadi pandai dibimbing Bu Guru
Guru bak pelita penerang dalam gulita
Jasamu tiada tara .....
sudah selayaknya mereka mendapatkan hal yang setimpal, misal dengan berapa puluh tahun mereka mengajar dengan gaji yang semakin di tingkatkan ataupun reward misal sepersekian tahun maka mereka diberi reward seukuran tersebut. tanpa memandang profesional maupun lebihnyam tetapi kita lebih memandang kepada jasa mereka.
ini sih yang ada di pikiran saya.
semoga bermanfaat.
Salam :)

sumber
lirik lagu:perpustakaanumum.blogspot.com/2009/11/download-gratis-lagu-jasamu-gurump3.html
foto:yummei.student.fkip.uns.ac.id

8 komentar:

  1. prihatin juga ya dengan nasib para guru yang usianya sudah tua...pasti mereka merasa kesulitan saat harus menjalani segala macam tes untuk sertifikasi gaji itu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa....betul bun
      pasti mereka iri dengan para guru muda yang juga mendapatkan sertifikasi.

      Hapus
    2. benar, kasihan juga..
      padahal dengan sertifikasi pendapatan seorang guru lumayan besar..

      Hapus
  2. saya inget beberapa guru saya dulu yang sambil nyambi jualan biar hidupnya lebih sejahtera...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa begitulah...karena mereka juga punya keluarga.

      Hapus
  3. saya sih prihatin juga sih mas, cuman sertifikasi memang harus dilakukan untuk menguji kompetensi guru, kalau memang pada dsarnya bagus uji kompetensinya pasti lulus, soalnya guru yang bagus akan menghasilkan murid yang bagus, dengan demikian generasi setelahnya akan semakin baik pula

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top