Review Pemakaian Karimun Kotak Setelah 6 Bulan Pemakaian

zul
0

iezul.web.id - Assalamualaikum sobat blogger, lama tak update karena kesibukan offline, namun juga kadang pengen nulis cuma bingung temanya apa, nah daripada makin bingung, kali ini saya ingin bercerita tentang mobil saja, saat ini saya menggunakan mobil dari suzuki dengan karimun kotak tahun 2004 berwarna biru metalik.


dengan pernegoan yang panjang, akhirnya mobil ini jatuh ke tangan saya dengan harga 54jt, first impresion sih mobil ini enak banget, mesinnya halus suaranya juga halus, padahal bisa dikatakan karimun kotak ini sudah termasuk motuba alias mobil tua banget, bayangin sobat, saat ini 2022 dan mobil ini di 2004 artinya udah 18 tahun mobil ini beraktifitas. 
saat itu 15 Februari  2022 kami mulai meminangnya, dan Alhamdulillah sekarang 27 Juni 2022 yang artinya udah hampir 6 bulan kami memakainya sebagai alat transportasi keluarga kecil kami.
dari 6 bulan pemakaian, ada beberapa hal yang bisa dijadikan review atau pengalaman pemakaian karimun kotak ini ya sobat, berikut beberapa hal tersebut;

Kekurangan Karimun Kotak:
  1. Mobil ini terasa limbung, ketika perjalanan diatas 60KM mobil ini terasa banget limbung, mungkin karena bentuknya yang mengotak dan suspensinya yang lembut, sehingga terasa banget kalau nikung dikit aja udah terasa banget limbungnya.
  2. AC dinyalakan tarikan terasa sangat berat, menurut teman-teman komunitas karimun kotak ini adalah hal wajar, karena memang mesinnya masih menggunakan karburator.
  3. Pedal Kopling terasa keras atau berat sekali, mungkin saja karena kampas koplingnya udah mau habis, saya juga kurang ngerti ini sob, cuma keras banget, apalagi kalau dijalan pas lagi macet, nah disitu lumayan terasa banget kaki pegal, hehe
  4. Sparepart terbilang mahal, meskipun karimun kotak ini mesinnya sama dengan mesin Carry, Forza dan Jimny Katana namun ternyata berbagai alat lainnya sangat berbeda dan khas, sehingga kita harus mencari sparepart yang memang peruntukannya untuk karimun kotak.
  5. Sistem power steringnya udah berumur, sehingga kadang stir terasa berat ketika awal dinyalakan mesin. jadi nunggu beberapa menit baru terasa ringan, dan ini menurut teman-teman di komunitas bahwa memang modul power steringnya udah berumur, dan harga modul N3 N4 bekasnya juga 2 jutaan.
  6. Pajak terbilang mahal, untuk mobil keluaran tahun 2004 saya kira lumayan mahal karena harganya sama dengan mobil LCGC keluaran baru, yaitu sekitar 1.1jtan.
Kelebihan Karimun Kotak:
  1. Kabin lega banget, terasa naik bis, hehe meskipun mobil ini dilihat dari luar sangatlah kecil, namun ketika masuk ke dalam mobil akan terasa sangatlah luas, selain itu, jok belakang bisa dilipat rata, sehingga cocok banget bagi saya yang kadang membawa bibit anggur atau tabulampot anggur untuk diantar ke pelanggan saya. yaa mobil ini buat usaha kecil-kecilan cocok banget lah.
  2. bisa dibuat lucu-lucuan, pernah saat lebaran kemaren iseng-iseng sama keluarga sekitaran 10 orang, dan semua bisa masuk, wkwkkwkwk untungnya jaraknya gak terlalu jauh karena saya juga sayang sama per belakangnya, saat dinaiki semua hampir gasruk.
  3. BBM Karimun kotak atau bahan bakar terbilang irit, apalagi kalau tanpa AC, pengalaman ujicoba ujicoba pemakaian pertalite, dengan nyala AC lebih banyak, hasilnya adalah 1:13 atau 1:14, artinya dengan pertalite 1 liter bisa untuk jarak 14Km, dan saat ini ketika AC jarang dinyalakan, BBM nya terbilang irit banget, mungkin 1:19.  
  4. Perawatan bisa terbilang mudah karena mesin masih menggunakan karburator sehingga bengkel manapun bisa dibilang mampu memperbaikinya, namun tetap lebih baik carilah bengkel terpercaya atau yang sudah berpengalaman dengan karimun kotak, karena ketika saya lihat berbagai rangkaian selang vakumnya terbilang banyak, kalau salah masukkan bisa ruwet juga.
  5. Harga Jual Karimun Kotak ini terbilang Stabil, dari harga 45jt - 60jt dan pastinya tergantung tahun dan harga oleh penjual.
baiklah, sementara itu beberapa kelebihan dan kekurangan karimun kotak ini menurut pengalaman pribadi saya, menurut saya sih rekommend banget untuk kantong yang pas-pasan dan pengennya mobil yang minim perbaikan. 
Salam Blogger




Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top