Minggu, Mei 27, 2012

Tradisi adat bemandi-mandi setiap acara kelulusan di SMA KORPRI Banjarmasin

Sebelumnya Selamat buat adek-adek yang telah dinyatakan lulus, dan yang tidak lulus jangan berkecil hati, tetap semangat belajar, niatkan untuk menuntut ilmu bukan untuk apa-apa. :)
kali ini saya ingin berbagi tentang tradisi adat bemandi mandi di SMA KORPRI Banjarmasin setiap acara kelulusan siswa, pada tahun 2011-2012 ini acara perpisahan lebih bervariasi dari tahun-tahun sebelumnya, karena biasa hanya bemandi-mandi, sedangkan tahun ini ada tambahan betamat Al-Qur'an dan pidato 4 bahasa dari siswa kelas 3.

Dari 3 hari acara perpisahan saya tidak bisa sepenuhnya mengikuti acara karena harus mati-matian mengurus daftar Skripsi, dan Alhamdulillah kelar juga, tinggal melengkapi beberapa persyaratannya. maklum yang namanya skripsi itu bikin galau banget, kalo gak daftar semester ini, semester depan harus bayar lagi. kan malu juga ama angkatan bawah. *ihiihh tua* tapi kalo saya sih umur aja tua, muka masih tujuh-belasan. hihi
okee deh, kita langsung ke TeKaPe.
Prosesinya seperti ini
- siswa bergiliran menuju tempat mandi-mandi, diawali dari mencium bendera Merah Putih dan pendidikan.
tradisi mandi-mandi SMA KORPRI BANJARMASIN
Siswa bergiliran menuju tempat mandi-mandi
  •  Mereka dikalungkan medali Alumnus, kemudian melepas atribut sekolah mereka : baju, topi, dasi untuk disumbangkan.
  •  Menuju tempat duduk orang tua yang telah disediakan, di sini siswa meminta ampun maaf kepada orang tua mereka. saya gak tahan kalo berada di daerah sini. daerah rawan air mata. huhu
minta ampun - tradisi mandi-mandi SMA KORPRI BANJARMASIN
  • kemudian siswa akan dipasangkan mahkota dari daun kelapa, kemudian pertama dimandikan dengan air kembang oleh Orang tua, dan terus bergantian oleh sebagian guru.
  •  Selesai dimandikan, mereka pun berkumpul di samping untuk mandi hura-hura dengan semprotan dari mobil pemadam. hehe
disiram dengan mesin pemadam kebakaran
Pasukan BPK Sarimi
 Setelah selesai acara bemandi-mandi, maka merekapun bersiap untuk menuju lapangan, untuk berebut mencari kartu ujian mereka. apabila kartu ujian mereka dapatkan maka itu tandanya mereka lulus, sedangkan yang tidak dapat itu tanda tidak lulus, atau kartu ujian mereka disimpanin temennya...hehe


1....2.....3 goooo
tuu kan ada yang usil. hehe
para siswa mencari kartu tanda lulus
Alhamdulillah di SMA KORPRI semua siswa lulus, ato 100% lulus, padahal ada beberapa siswa yang tidak mendapatkan kartu ujian mereka, dan ternyata kartu mereka memang disimpanin temennya sendiri. hehe
Acara dilanjutkan dengan salam-salaman.
Selamat jalan, bukalah lembaran baru, jadikan hidup lebih berarti. masa depan ada di tangan kalian.

Update 2016 :
meskipun Bapak Kepala Sekolah SMU KORPRI Banjarmasin sudah berganti yaitu sekarang Bapak Riduan, tetapi Tradisi adat bemandi-mandi setiap acara kelulusan ini masih terpelihara dan diadakan setiap tahunnya, bahkan selalu diliput oleh TV Lokal Banjar.
Salam :)

11 komentar:

  1. Wah ada ya tradisi mandi mandian abis lulus hihi :D

    BalasHapus
  2. seru aja, jarang2 deh kayanya ada ritual kaya gini :)

    BalasHapus
  3. iyaaaa itulah indonesia...punya aneka macam tradisi, hehe

    BalasHapus
  4. @una : diatas tadi balasan koment buat una, bingung ko tombol reply nya gak berfungsi...hmmmm

    @NF : iyaa mba, asyikkk, seru banget........seru en mengharukan. hehe bahkan ada yang bilang, seumur-umur gak pernah nyium kaki ibu, baru di acara itu katanya. huhu

    BalasHapus
  5. Wah, ada juga yah tradisi kaya gitu
    Jarang ditemui lho ...

    BalasHapus
  6. unik juga ya tradisi bermandi-mandi...seperti acara siraman yang kerap dilakukan calon pengantin ya...

    BalasHapus
  7. kunjungan balik wal ai. napa habar? pina rami acara mandinya. hahahayyy..!

    BalasHapus
  8. salam kenal mas....sangat bagus tradisinya.....selain menghormati budaya, juga sekaligus menghargai orangtua, guru dan nilai-nilai lama yang sudah teruji kebenarannya...

    salam urang banjar

    BalasHapus
  9. gw baru tau kalau ada yang kaya gitu =) unik!

    BalasHapus
  10. Wowww... keren tradisi perpisahannya :)

    BalasHapus
  11. makasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top