Cari Blog Ini

Arsip

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Postingan Populer

Sabtu, Juli 04, 2020

Berikut Cabang Olahraga Atletik yang Populer

lari menjadi salah satu olahraga atletik paling populer, foto:google

Selain olahraga bola besar seperti sepak bola, basket, volly, dan sebagainya, salah satu cabang olahraga yang juga sangat seru untuk disaksikan adalah cabang olahraga atletik. Iya cabang olahraga atletik seringkali menghadirkan tontonan yang menarik di berbagai event olahraga kompetisi seperti PON, SEA GAMES, Asian Games, hingga Olimpiade. Banyak sekali cabang olahraga atletik yang cukup populer saat ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.    Lari jarak pendek
Salah satu olahraga altetik yang cukup populer adalah lari. Dalam hal ini olahraga lari juga dibagi lagi menjadi beberapa cabang mulai dari lari jarak jauh atau maraton, lari estafet, hingga lari jarak pendek. Adapun untuk lari jarak pendek, terdapat beberapa nomor lari mulai dari 100 meter, 200 meter, dan juga 400 meter. 

2.    Lari jarak jauh
Berbeda dengan lari jarak pendek yang jarak tempuhnya maksimal hanya 400 meter, lari jarak jauh atau lari marathon ini memiliki lintasan yang sangat panjang yakni mulai dari 3000 meter, 5000 meter, hingga 10.000 meter, bahkan ada yang lebih. 

3.    Lari estafet
Untuk cabang olahraga lari estafet ini panjang lintasannya menyerupai lintasan lari marathon. Hanya saja pada lari estafet dilakukan olah empat orang atlet yang lari secara bergantian dan sambung menyambung menggunakan tongkat. 

4.    Lompat tinggi
Lompat tinggi juga merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang cukup populer. Olahraga yang satu ini juga seringkali dipertandingkan dalam berbagai event olahraga. Dalam hal ini atlet harus melompati palang tinggi dan harus berhasil mendarat dengan sempurna setelah melompat melewati palang.
5.    Lompat jauh
Selanjutnya ada lompat jauh yang merupakan olahraga atletik yang tak kalah populer. Dalam hal ini lompat jauh diukur pada jauhnya jarak pendaratan oleh atlet yang melompat. 

6.    Lompat galah
Meskipun sama-sama mengharuskan peserta untuk melompat dengan tinggi dan harus melewati palang, namun untuk teknik pelaksanaannya lompat galah tentu berbeda dengan lompat tinggi. Pada olahraga lompat galah, atlet menggunakan teknik melompat jauh dengan menggunakan galah sebagai alat bantu untuk melompat. 

7.    Panahan
Panahan menjadi salah satu olahraga yang cukup menarik. Dalam hal ini dibutuhkan teknik serta ketepatan pada atlet untuk mengarahkan anak panah sehingga dapat menembak ke titik tengah papan yang menjadi target untuk menentukan kemenangan. 

8.    Tolak peluru
Cabang atletik selanjutnya adalah tolak peluru. Iya cabang olahraga yang satu ini menuntut atlet untuk melakukan tolakan peluru. Adapun bola atau peluru yang digunakan dalam olahraga ini juga memiliki berat yang beragam berdasarkan nomor yang dipertandingkan. Adapun goal dari olahraga ini adalah menolak peluru sejuh mungkin dengan teknik yang benar sesuai dengan ketentuan olahraga tersebut. 

9.    Lempar cakram
Lempar cakran tentunya berbeda dengan tolak peluru mulai dari obyek yang dilempar serta teknik melemparnya juga. Adapun pada olahraga ini, objek yang digunakan adalah cakram. Nah sebelum melakukan lemparan, pada umumnya atlet akan berputar dua kali kemudian melemparkan cakram sejauh mungkin. 

10.    Lempar lembing
Lempar lembih merupakan salah satu cabang atletik yang tidak terlewatkan pada event-event olahraga dunia. adapun goal dari olahraga lempar lembing ini adalah untuk melemparkan lembing sejauh mungkin dengan teknik yang benar sesuai dengan  ketentuan olahraga tersebut. 

11.    Lempar martil
Lempar martil merupakan cabang olahraga melempar yang tergolong lebih berat daripada beberapa jenis olahraga melempar diatas. Iya cabang olahraga atletik yang satu ini memiliki obyek yang dilemparkan yaitu martil memiliki bobot yang jauh lebih berat sehingga harus menggunakan tenaga ekstra.

0 on: "Berikut Cabang Olahraga Atletik yang Populer"