Cari Blog Ini

Arsip

Gambar tema oleh Storman. Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Postingan Populer

Kontributor

Selasa, Januari 15, 2019

Cuci Tangan Sebagai Pencegahan Utama dari Berbagai Penyakit pada Anak

foto:klikdokter.com_

Ada berbagai penyakit, mulai dari ringan hingga berbahaya, yang bisa menular melalui sentuhan. Mulai dari ISPA, diare, pneumonia, cacingan, hepatitis A, bronkiolitis, meningitis, serta banyak penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus atau bakteri, dapat mudah ditularkan jika kita tidak cuci tangan dengan benar. Anda bisa membayangkan apa saja aktivitas Si Kecil yang membuatnya berisiko untuk tertular penyakit. Bermain, berinteraksi dengan teman, menggunakan alat-alat tulis, dan memegang barang-barang lainnya.

Pakaian yang kotor karena aktivitas sehari-hari masih bisa ditangani dengan mencucinya menggunakan deterjen untuk baju bayi. Namun, hanya dengan menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci, anak bisa langsung terinfeksi kuman-kuman tersebut. Jadi, cuci tangan sangat penting dan merupakan perlindungan pertama pada tubuh Si Kecil.

Mengajarkan Anak Cara Cuci Tangan yang Benar

Mulailah jaga kesehatan anak Anda dengan mengajarinya cara mencuci tangan dengan benar. Caranya adalah sebagai berikut:

Basahi tangan dengan air mengalir. Cuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk membunuh kuman. Jadi, siapkan juga sabun cuci tangan untuk Si Kecil. Sabun biasa sudah cukup, tidak perlu sabun khusus yang mengandung antibakteri. Lalu, ajarkan Si Kecil untuk menggosok tangannya hingga bersih sekitar 15 hingga 20 detik. Agar lebih menyenangkan, Anda bisa mengajak Si Kecil menyanyikan lagu “bintang kecil” alih-alih menghitung berapa detik waktu mencuci tangan.

Bersihkan kedua telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, di bawah kuku, hingga pergelangan tangannya. Bilas hingga tangan benar-benar bersih dari sabun. Lalu keringkan dengan handuk kering dan bersih atau bisa juga memakai tisu. Jika mencuci tangan di tempat umum, disarankan untuk menghindari pengering tangan. Pasalnya, pengering tangan justru bisa meningkatkan jumlah bakteri di tangan.

Jangan lupa pula untuk menggunakan cream diaper yang mememiliki kandungan antibacterial seperti link berikut https://www.sleekbaby.co.id/products/detail/natural-antibacterial-diaper-cream untuk mencegah kontaminasi bakteri dari kotoran bayi yang mengendap masuk ke dalam pori pori kulitnya yang sensitive.

0 on: "Cuci Tangan Sebagai Pencegahan Utama dari Berbagai Penyakit pada Anak"