Hot!

Mengulas Beragam Manfaat dan Bahaya Memakai Softlens Minus

foto:bukalapak

Lensa kontak atau biasa disebut dengan softlens belakangan ini memang sedang populer dikalangan masyarakat. Ada yang memakainya hanya untuk alasan kecantikan supaya matanya terlihat lebih indah, ada juga yang menggunakannya sebagai pengganti kacamata atau biasa disebut softlens minus. Lensa kontak atau softlens merupakan sebuah alat bantu yang berfungsi untuk mempertajam penglihatan sama seperti fungsi kaca mata, akan tetapi sebagian orang menilai bahwa penggunaan lensa kontak jauh lebih praktis. Keberadaan softlens juga sudah di jual luas di pasaran, Anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai optik maupun situs belanja online langganan Anda.

Menggunakan lensa kontak sebagai pengganti kaca mata sebenarnya boleh saja, akan tetapi Anda harus bisa memperhatikan kesehatan softlens tersebut supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kontak lensa untuk mata minus, seperti:


  • Lakukan cek kesehatan untuk menentukan jenis softlens seperti apa yang cocok untuk Anda kenakan sesuai dengan ukuran minus mata Anda.
  • Pastikan Anda mengecek dengan teliti softlens tersebut, karena populernya benda ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab dan sering memalsukannya.
  • Jangan memakai lensa kontak selama 24 jam penuh, karena justru bisa membahayakan kesehatan mata Anda.
  • Lepaslah softlens ketika Anda akan tidur, atau sebaiknya konsultasikan ke dokter mata Anda setiap berapa jam sekali softlens tersebut harus dilepas.
  • Jagalah kebersihan softlens sebaik mungkin, hal ini bertujuan supaya aman saat Anda gunakan.

Setelah mengetahui apa saja hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kontak lensa, selanjutnya akan kita bahas mengenai manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika memilih softlens minus sebagai pengganti kaca mata. Dari segi pemakaian, dengan fungsi dan manfaat yang sama, memakai kontak lensa dapat dikatakan lebih praktis daripada memakai kacamata, biasanya sebagian orang akan lebih merasa percaya diri saat mengenakan softlens dibandingkan kacamata, karena jika memakai softlens Anda juga tidak perlu lagi khawatir kaca mata patah, menaruh kaca mata harus hati-hati karena takut kacanya pecah.

Akan tetapi, meskipun softlens menawarkan kepraktisan dan beberapa manfaat lainnya, produk ini juga tidak lepas dari kekurangan atau bahaya jika memakainya terus-menerus dalam jangka panjang, yaitu:

  • Infeksi kornea.
Jika tidak dirawat dengan baik, maka softlens Anda akan ditumbuhi oleh virus, bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan infeksi pada kornea mata Anda. oleh karena itu, selain merawatnya dengan baik Anda juga harus mengganti kontak lensa yang Anda pakai secara berkala.

  • Mata merah dan iritasi.
Bahaya memakai softlens yang paling sering terjadi adalah iritasi dan mata merah. Hal ini biasanya disebabkan karena softlens terkena debu atau memang sudah waktunya untuk mengganti dengan softlens yang baru namun, Anda tidak menyadari akan hal itu. Pastikan juga tangan Anda steril saat akan memasang softlens, begitu juga jika Anda memasangnya menggunakan alat pembantu keadaannya harus benar-benar bersih.

  • Softlens koyak atau robek pada mata.
Ini merupakan bahaya paling besar yang bisa terjadi pada pengguna softlens, Anda harus melepas softlens saat tidur untuk menghindari softlens pecah didalam mata dan usahakan jangan sampai softlens Anda kekurangan cairan. Karena jika sampai softlens koyak atau robek pada mata, kemungkinan paling parahnya bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Itulah beberapa manfaat dan bahaya jika menggunakan softlens minus sebagai pengganti kaca mata. Yang harus Anda perhatikan adalah usahakan untuk membeli softlens di optik yang sudah terpercaya karena dapat menjamin kualitas kontak lensa tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik