Senin, Agustus 01, 2016

Ingin Menjalankan Investasi kondotel ? Perhatikan Beberapa Caranya Berikut Ini !

Investasi kondotel dapat digunakan untuk bisnis dan juga untuk investasi . Banyak orang yang berminat dengan investasi properti berbentuk bangunan tinggi seperti apartemen namun berfasilitas hotel . Ada beberapa yang menjualnya setelah proses pembangunan tersebut selesai, namun juga tidak sedikit pula yang membiarkannya sampai waktu yang lama. Jadi , apakah investasi kondotel bisa menguntungkan? Untuk mendapatkan jawaban tersebut tentu anda harus kenali terlebih dahulu apa itu kondotel. kondotel yaitu suatu bangunan vertikal yang terdiri dari beberapa unit seperti apartemen di mana tiap unitnya terdapat ruang tamu ,  dapur, kamar, dan yang lainnya. Hal yang membedakan dengan apartemen yaitu kondotel memiliki fasilitas seperti hotel berbintang . Contohnya saja terdapat kolam renang, spa, restoran, ruang pertemuan, dan juga fasilitas yang lain serta jarang ditemukan di hotel berbintang.  Umumnya, semua fasilitas tersebut mempunyai tujuan untuk memberikan kenyamanan dan nilai tambah bagi pengunjung. Berbagai macam unit dalam kondotel ini dijual kepada investor.
Kemudian dalam menjalankannya diserahkan kepada pihak pengelola hotel yang menyewakan berbagai macam unit tersebut kepada pengunjung. Misalnya, kondotel itu seperti hotel yang kamarnya dipunyai oleh perseorangan yang kemudian disewakan.  Sudah banyak yang membeli unit kondotel yang lalu dijual kembali beberapa bulan kemudian. Mereka ini pada umumnya membeli kondotel dalam proses pembangunan sehingga lebih murah. Kemudian menjualnya saat harga melambung tinggi entah ketika proses pembangunan baru berjalan setengah atau sesudah kondotel itu sudah layak beroperasi. Hal ini yang membuat menarik investasi properti di mana harganya selalu meningkat sesuai kenaikan inflasi.
 
Kondotel di pinggiran Jakarta foto:sindonews.com
Kondotel dijalankan seperti  hotel , jadi secara tidak langsung dalam menjalankannya akan menghasilkan pendapatan . Lalu, pemilik unit atau investor juga akan mendapatkan dampaknya. Jumlah tersebut biasanya lebih tinggi dibanding bunga deposito. Selain  itu, kadang beberapa kondotel memberikan jaminan return of investment atau ROI beberapa persen selama 3 tahun atau 2 tahun pertama. Contohnya sebuah kondotel di Jakarta harganya 1,1 miliar dengan tingkat ROI 10 persen selama 3 tahun pertama, maka investor memperoleh 8,7 juta per bulan dan itu belum termasuk pajaknya . Unit dalam kondotel milik investor , jadi bisa saja menginap tanpa harus membayar. Keuntungannya yaitu seperti menginap di hotel karena fasilitasnya sama juga dengan hotel. Walau begitu bukan berarti bisa seenaknya saja untuk menginap. Tetap harus lewat reservasi dulu dan sejumlah kondotel memberi batasan lamanya menginap dengan gratis berapa hari selama setahun. Enaknya memiliki kondotel bisa menginap gratis kapan saja , setidaknya itu keuntungan paling  nyata jika berinvestasi di kondotel. Namun juga harus memperhatikan risikonya juga karena bagaimana pun juga investasi pasti selalu mempunyai risiko. Oleh karena itu anda harus lebih cerdas dalam memilih kondotel yang bisa menjamin masa depan anda 
Berikut ini akan saya sampaikan beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menjalankan investasi kondotel;
  • Pertama yaitu  Lokasi Yang Akan Digunakan
Lokasi merupakan hal utama yang perlu anda perhatikan dalam berinvestasi dibidang properti. Anda perlu memilih kondotel di lokasi yang sesuai dengan masa depan kondotel itu sendiri dan biasanya lokasi yang dekat dengan wisata. Cara paling mudah yaitu dengan survei ke lokasi dan minta salinan tata ruang kota yang menunjukkan bahwa lokasi tersebut dikembangkan sebagai lokasi wisata. Karena pendapatan dari kondotel sangat dipengaruhi dari tingkat kepemilikannya.
  • Kedua yaitu Harga Yang Masuk Akal
Harga yang anda tawarkan harus masuk akal  dan itu sudah termasuk harga sewanya. Yang dimaksud harga sewa masuk akal tersebut adalah di mana nilainya  lebih rendah dari harga ketika membelinya . Besaran harga sewa itu ditetapkan guna mencapai proyeksi balik modal atau break event point .
  • Ketiga yaitu anda Harus Mengecek Legalitas dan Perjanjian Dengan Teliti
Bukti kepemilikan kondotel biasanya terdapat pada selembar kertas. Oleh karena itu anda harus memastikan isi perjanjiannya yang meliputi skema pembayaran, pembagian hasil, kualitas pengelola, hingga status tanah berdirinya bangunan tersebut . Jangan sampai anda tergoda dengan penawaran yang menggiurkan dari marketing tanpa mengecek terlebih dahulu.
  • Keempat yaitu Ketahui Reputasi Dan Latar BeLakang Developer Serta Pengelola Kondotel
Penawaran kondotel tentu sangat menggiurkan , namun jangan langsung mudah tergoda untuk membeli kondotel dengan tergesa-gesa . Jangan sampai anda mengabaikan reputasi  dan latar belakang developer serta pengelola kondotel. Mereka merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam pengelolaan. , jadi  anda perlu mempelajari histori developer dan pengelolanya supaya tidak salah langkah dalam menjalankan investasi tersebut .  Yang perlu anda ketahui adalah uang yang anda gunakan untuk investasi ini tidaklah sedikit.
  • Kelima yaitu Perlu Mengaudit Pengelolaannya
Perlu mengaudit pengelolaannya oleh akuntan publik karena bisa menjadi pertimbangan dalam menjalankan investasi ini  dan tujuannya untuk jaminan bagi investor. Pemilihan akuntan publik juga dapat menjadi pertimbangan . Semakin bagus reputasi akuntan publiknya tentu dapat dipercaya.
Audit sangat penting karena investor memiliki hak  untuk mendapatkan hasil audit pendapatan pengelolaan kondotel. Pada umumnya hasil audit dibagikan ke seluruh investor pemilik unit kondotel. Oleh karena itu, berinvestasi kondotel sangat tepat untuk anda jadikan sebagai penjamin masa depan anda . Hal ini juga bisa anda jadikan untuk pertimbangan supaya uang yang anda tanamkan semakin bertambah . Anda juga harus memastikan investasi yang anda tanam sebanding dengan hasil yang didapat. Hal yang sangat  penting yaitu tujuan awal anda dalam berinvestasi di kondotel. Apakah hanya untuk mengejar keuntungan atau sekedar ingin mempunyai saja.  Jika pilihan pertama yang dipilih yaitu untuk kejar keuntungan maka anda perlu menghitung  untuk kedepannya kondotel tersebut. Jika sudah berminat , maka dalam membeli kondotel pun dapat dilakukan melalui sistem KPR atau kredit pemilikan rumah. Selain itu,  jika anda sudah mempunyai dana  namun masih kurang maka anda dapat memilih solusi dengan cara mengambil pinjaman tanpa jaminan. Berikut dua cara yang dapat anda lakukan ketika memilih:
  1. Anda perlu menyelidiki tingkat kepemilikan hunian hotel di kawasan kondotel yang anda inginkan . Sebagai hotel, balik modal kondotel sangat tergantung kepada tingkat huniannya. Semakin tinggi maka semakin laku hotel tersebut dana tentu akan sangat berpengaruh pada pendapatan anda. Umumnya operator hotel terkenal akan lebih mudah dalam memasarkan hotelnya dan lebih baik dalam hal pelayanannya. Namun anda juga perlu memperhatikan  kepadatan hotel yang ada di kawasan yang anda inginkan.
  2. Anda perlu mempertimbangkan berbagai tawaran pembagian hasilnya. Biasanya ada yang perbulan, per kuartal ataupun tahunan. Pembagian hasil ini juga tidak langsung dibayarkan karena membutuhkan waktu dalam perhitungan akuntansi dan juga pajaknya . Pada umumnya dana akan dikreditkan ke rekening anda sekitar satu sampai dua bulan dari waktu penghitungannya. 
Untuk artikel tentang investasi lainnya bisa anda temukan di taralite

1 komentar:

  1. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dan berada dalam dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} monicabrownloancompany@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor telepon: ________
    Ibu Monica

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top