Sabtu, Juli 23, 2016

Anda Sakit Jantung? Hindari 3 Hal Terlarang Ini!

iezul.web.id - Sakit jantung disinyalir sebagai salah satu penyebab kematian yang sering terjadi di masyarakat saat ini. Orang awam, masih banyak yang mengira sakit jantung hanya terdiri satu jenis macam penyakit, padahal nyatanya ada banyak jenis sakit jantung seperti kardiomiopati, aritmia jantung, jantung koroner, pembengkakan dan sebagainya.

yang harus dihindari bagi penyakit jantung
Asap Rokok salah satu yang harus dihindari foto:cnnindonesia.com
Di zaman sekarang, banyak orang berpotensi terkena penyakit jantung. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, misalnya karena faktor makanan yang tidak sehat. Apabila anda,  keluarga atau teman, ada yang mengidap sakit jantung sebaiknya perhatikan 3 hal penting berikut ini agar penyakit yang diderita tidak semakin parah atau mengakibatkan keadaan menjadi buruk seperti kematian mendadak.

1. Lemak Trans
Lemak trans merupakan jenis lemak yang biasa terdapat pada makanan seperti snack, margarin, kue donat, pie, makanan cepat saji (junk food) dan lain sebagainya. Lemak trans sengaja digunakan untuk membuat makanan lebih bertahan lama terutama untuk makanan yang dipanggang. Jika terlalu sering mengkonsumsi lemak trans, maka dapat mengakibatkan meningkatnya LDL atau kolesterol jahat. Jadi, untuk anda yang memang memiliki penyakit jantung, hindari sebisa mungkin jenis makanan yang mengandung lemak trans.

2. Garam
Mengapa orang-orang yang sakit jantung sangat disarankan mneghindari konsumsi garam yang berlebih? Ya, karena dalam garam mengandung natrium yang jika masuk dalam darah akan berdampak pada tekanan dan volume darah serta kadar cairan tubuh. Dapat anda bayangkan jika kadar garam yang masuk ke tubuh dalam jumlah banyak? tentu akan meningkatkan tekanan darah (hipertensi) yang akhirnya berdampak pada jantung.

3. Asap Rokok
Rokok memang sudah tidak asing lagi sebagai penyebab timbulnya banyak penyakit terutama penyakit jantung. Jika anda perokok maka anda harus menghentikan kebiasaan ini untuk menghindari resiko penyakit jantung. Namun jika bukan perokok, maka cukup hindari asap rokok.
Tahukah anda bahwa jantung koroner dapat meningkat 2-4 kali lipat pada mereka yang memiliki kebiasaan merokok? hal ini akan terus meningkat seiring bertambahnya usia serta banyaknya rokok yang dihisap.

Tidak hanya perokok aktif, bahkan perokok pasif juga berpotensi terkena sakit jantung dan kanker paru-paru hingga mencapai angka resiko 30% apabila sering terpapar asap rokok. Oleh karena itu, jaga selalu lingkungan tempat anda berada dari bahaya asap rokok agar tidak menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top