Jumat, Agustus 31, 2012

[Update] Cara Membagi Partisi SD card dengan mudah

Salam Blogger, kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara membagi partisi SD Card atau kartu memori dengan mudah, sebelumnya saya sudah mencoba berbagai cara yang saya dapat dari googling, ternyata selalu gagal, hari demi hari telah terlewati. jiaah *kaya lagu stinky aja*. dan saya tu orangnya kalau gak berhasil maka harus terus berusaha bagaimana agar berhasil, intinya jangan pantang menyerah.
dan ketika itu saya baca-baca grup di facebook ternyata ada obrolan tentang partisi kartu memori tersebut, dan sama masalahnya sama saya : gagal mulu. dan akhirnya saya coba trik dari diskusi mereka tersebut. dan taraa ternyata berhasil. Alhamdulillah gak jadi ganti kartu memory dan hilang deh penasaran saya. okee jadi caranya kayak begini :
  1. Agan download dulu aplikasi mini tool partition, bisa cari di 4shared
  2. kemudian buka aplikasinya, dan sdcard agan juga harus nyambung ke PC, entah itu pakai card reader atau kabel USB.
  3. terus disk memory agan en format dulu SDcard agan dan kemudian pilih delete atau hapus.
  4. Setelah itu pilih create dan bagi berapa anda mau, pilih type dengan PRIMARY dan file system dengan FAT32.
  5. selanjutnya partisi yang kedua dengan isi kisaran 500-800mb, pilih type PRIMARY dan file system dengan ext2, ini fungsinya untuk menginstal ataupun memindahkan data di HP agan ke kartu memory.
  6. kemudian kalau memory agan masih gede, bisa bikin ram tambahan dengan pilih PRIMARY terus pilih file system dengan linuxswap, biasanya 2x dari RAM HP agan.
contoh :
Saya menggunakan memory merek VGEN ukuran 8gb, kemudian saya bagi menjadi 3 partisi, untuk a. partisi 1 sebesar 6GB system FAT32.
b. partisi 2 sebesar 585mb dengan system ext2
c. sisanya linuxswap. dan

Alhamdulillah berhasi memindahkan berbagai aplikasi ke SDCard dengan menggunakan link2SD, juga membuat link ke partisi ext2.
Permasalahan saya kemaren adalah saya memasang partisi 2 pada sistem ext2 dengan ukuran 1gb an sedangkan ternyata kartu memory saya kelas 4. akhirnya saya kurangin menjadi 585mb tadi dan Alhamdulillah berhasil.

Jadi sedikit tips dari saya, bagi anda yang ingin membeli kartu memori untuk HP smartphone maka alangkah lebih baiknya pilih yang kelas memory nya lebih tinggi, seperti kelas 10.

anda mungkin bertanya-tanya apa itu memori kelas 10, jadi memory Sd card terbagi ke dalam beberapa tipe dan juga berbeda harga pastinya, semakin tinggi tipenya maka semakin mahal harganya, mengapa begitu? karena semakin tinggi nilai ukuran sebuah memory sdcard maka kemampuannya dalam memproses data juga semakin cepat, misal membuka galeri yang banyak foto tidak perlu menunggu lama, prosesnya akan cepat terbuka, makanya banyak yang bertanya mengapa lambat sekali membuka foto di galeri android, banyak yang mengira kalau androidnya terkena virus, padahal salah satu permasalahan terbesar karena dia menggunakan memory yang kelas rendah, mungkin kelas 4 atau kelas 6, sehingga untuk membuka foto yang ukurannya besar membutuhkan waktu beberapa saat.

Okee, mungkin sedikit itu tips saya tentang bagaimana cara membagi partisi SDcard dengan mudah.
Salam :)

13 komentar:

  1. Wah Bermaanfaat Sekali Gan infonya..salam kenal dan terima kasih atas share ilmunya
    wasalam

    BalasHapus
  2. Mau nanya nih. . Apakah mesti di root dlu gan?
    Trus kalo udah dibagi, bsa dikembalikan ke semula gak....?

    BalasHapus
  3. Mau nanya nih. . Apakah mesti di root dlu gan?
    Trus kalo udah dibagi, bsa dikembalikan ke semula gak....?

    BalasHapus
  4. Mau nanya nih. . Apakah mesti di root dlu gan?
    Trus kalo udah dibagi, bsa dikembalikan ke semula gak....?

    BalasHapus
  5. Mau nanya nih. . Apakah mesti di root dlu gan?
    Trus kalo udah dibagi, bsa dikembalikan ke semula gak....?

    BalasHapus
  6. Akhr.y , ktmu jg ni akar permasalahan.y . hehe
    ane jg sama gan pke v.gen 8 gb ane uda prtisi 4 kali gagal mlu cz ane ngsi ext2 nya 1Gb lbh . .he
    smpet frustasi,td.y mw cba pastisi lwat cmw recovery .hehe
    thanx gan , info.y bermanfaat bgt :D

    BalasHapus
  7. wah bermanfaat sekali gan, tp cara mngetahui kelas dr memory gmana yah?

    BalasHapus
  8. Klw kesalahan partisi akibat penggunaan kabel data ketika partisi bagaimana mengatasinya? Akibat dr kesalahan itu kok..... gw cek d pengaturan aplikasi memory internal cma 1 gb pada galmin 2......

    BalasHapus
  9. Bagaimana mengatasi kesalahan akibat partisi memory sd menggunakan kabel data? Kalau akibat dari kesalahan itu sndiri berdampak pda memory internal yg berubah kapasitas menjadi 1 gb pada pengaturan aplikasi. Khusus galaxy mini 2. Tolong pencerahan.

    BalasHapus
  10. Klw kesalahan partisi akibat penggunaan kabel data ketika partisi bagaimana mengatasinya? Akibat dr kesalahan itu kok..... gw cek d pengaturan aplikasi memory internal cma 1 gb pada galmin 2......

    BalasHapus
  11. Numpang tanya bgaimana mrngatasi kesalahan akibat partisi pke kabel data lngsung dr hp galmin 2. Kog internal gw jadi 1 gb doank...

    BalasHapus
  12. punya ane dah lama sy partisi,skrg masalahnya mau sy balikin menjadi 1 partisi gak bisa,sy format dengan puluhan tool dan trick gak mempan,anehnya kartu memory sy sy buka di jelly bean gak kedetect,giliran pake kartu memory lain kedetect,lebih membingungkan lagi setelah hh sy downgrade ke ics baru kedetect,,
    disitu ada folder .android_secure gak bisa ilang,,

    BalasHapus
  13. punya ane dah lama sy partisi,skrg masalahnya mau sy balikin menjadi 1 partisi gak bisa,sy format dengan puluhan tool dan trick gak mempan,anehnya kartu memory sy sy buka di jelly bean gak kedetect,giliran pake kartu memory lain kedetect,lebih membingungkan lagi setelah hh sy downgrade ke ics baru kedetect,,
    disitu ada folder .android_secure gak bisa ilang,,

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top