Senin, Juni 11, 2012

Gudanglagu.com akan ditutup

gudanglagu.com akan ditutup
foto:topmining.blogspot.com
Benarkah situs musik gudanglagu.com akan ditutup, hal ini menjadi pertanyaan yang harus dijawab sekarang. mengapa, karena gudanglagu adalah salah satu situs favorit saya dalam referensi musik tanah air. saya setengah terkejut ketika Blogwalking, bahwa sebuah gerakan kampanye anti pembajakan yang disampaikan oleh asosiasi musik seperti Asirindo, Prisindo, PAMMI, RMI, PAPPRI, ASIRI, APMINDO, Gaperindo, WAMI, dan KCI. Semuanya bergabung melawan pembajakan musik di era digital ini dalam payung kampanye 'Heal Our music'
mereka mendesak mendesak Menkominfo Tifatul Sembiring untuk segera menutup 20 situs yang dianggap ilegal karena memberikan fasilitas download musik secara ilegal.
"Kami atas nama gerakan 'Heal Our Music' yang bekerjasama dengan stakeholder industri musik di Indonesia, meminta agar Kementrian Kominfo untuk dapat menutup situs-situs yang memberikan fasilitas mengunduh lagu secara ilegal atau menyebarkan lagu tanpa izin yang memiliki hak atas lagu-lagu tersebut,"

 20 situs musik yang dianggap ilegal :
  1. www.gudanglagu.com
  2. www.gudanglagu.net
  3. www.mp3sgratis.net
  4. www.mp3lagu.com
  5. www.warungmp3.com
  6. www.pandumusica.info
  7. www.musik-corner.com
  8. www.mp3bos.com
  9. www.mp34shared.com
  10. www.musik-flazher.com
  11. www.index-of-mp3.com
  12. www.misshacker.com
  13. www.trendmusik.com
  14. www.abmp3.com
  15. www.katalogmp3.info
  16. www.mp3bear.com
  17. www.mp3downloadlagu.com
  18. www.freedownloadmp3.org
  19. www.dewamp3.com
  20. www.plasamusic.com
Gudanglagu pun tidak terima bahwa situs mereka dianggap ilegal, berikut surat terbuka gudanglagu yang mereka tayangkan di situs mereka.

YTH Kepada Rekan-rekan di HealOurMusic.com,
Sebelumnya kami ingin menjelaskan beberapa hal tentang posisi kami di internet sebagai situs pencari lagu, bukan situs penyedia lagu.
Dimana hal ini juga dilakukan oleh situs-situs pencari yg lain seperti Google, Yahoo dimana mereka juga menampilkan hasil pencarian menuju sumber asli dari file itu berada, begitu juga dengan kami. Bedanya dimana? bedanya kami orang indonesia dan berbahasa indonesia.
Bahkan situs luar seperti 4shared.com dll.. Tidak ada kepedulian sama sekali terhadap lagu yang mereka simpan. Jangankan menampilkan RBT nya.
Kami di Gudanglagu.com dari dulu senantiasa berusaha semampu kami mendukung industri musik di indonesia, adapun beberapa langkah yang kami lakukan untuk membantu memajukannya antara lain :
- Kami selalu menanamkan kebiasaan para pengunduh lagu untuk berlangganan RBT, Ringtone, dimana kami upayakan di setiap halaman sudah terdapat kode RBT yang kami dapat secara otomatis dari internet maumpun kami update secara manual, karena sumber data yang terlalu kompleks, masih banyak halaman yang belum berisi RBT yang bisa kami tampilkan di situs Gudanglagu.com itu juga karena keterbatasan informasi yg kami dapat untuk bisa kami gunakan di website kami.
- Kami senantiasa berusaha menampilkan video klip resmi dari label di setiap lagu, karena kami mengetahui biasanya para label juga disana melakukan promosi RBT, jadi kami senantiasa menampilkan informasi resmi dari label. Namun lagi-lagi karena keterbatasan informasi yang kami dapatkan di youtube, dimana kami tidak menemukan semua video klip resmi untuk semua lagu, maka kami juga menampilkan hasil pencarian kami dengan video klip bukan keluaran dari label yang official (resmi).
Dan semua upaya ini kami lakukan secara gratis sebagai upaya kami untuk memberikan feedback positif untuk perkembangan industri musik indonesia.
Kami dan (label dan tim helourmusic) sekarang ini dalam posisi yang sama, sama-sama ingin memajukan industri musik supaya bisa lebih pesat lagi ke depannya, untuk itu dengan perkembangan dan isu yang berkembang sekarang ini, kami ingin memberikan masukan selain masukan yang sudah pernah kami utarakan kemarin antara lain :
– Para distributor musik juga membuatkan lagu demo yang bisa kami grab dengan teknologi API, dimana user bisa mengunduh lagu versi demo ini dengan konsekuensi mereka mendapatkan kualitas musik yang sudah diturunkan bitratenya misalnya ke bitrate 64/128 dan yang original menggunakan bitrate 164/256 , jadi harapanya jika mereka ingin mendapatkan versi lagu yang asli dengan kualitas terbaik, mereka harus membayarnya dan ini sudah dilakukan oleh situs-situs distritbutor di luar negeri.
Karena dari pandangan kami download gratis tidak bisa dibendung dengan blokir satu dua situs, karena hanya akan membuat jalan tikus yang semakin sulit diidentifikasi.
Bahkan terakhir beberapa situs sudah kami lihat bermigrasi ke alamat yang lain untuk selamat dari blokir.
– Disediakan ruang untuk kami mendistribusikan musik legal berbayar dengan, Kami tidak tau harus mencari musik legal dimana, sistemnya mungkin kami bisa bantu membangun. Kami siap duduk bersama untuk membantu masalah ini.
Demikian beberapa masukan dari kami, kami selalu menunggu feedback dari para tim healourmusic.
salam
gudanglagu.com

Semoga Masalah ini cepat teratasi dengan baik, dan menemukan titik jalan keluar agar di sini senang di sana senang.
Salam :)

Referensi :
inet.detik.com/read/2011/07/25/124258/1688655/398/disebut-situs-musik-ilegal-gudang-lagu-membela-diri
gudanglagu.com/info/surat-terbuka-gudanglagu-com-untuk-heal-our-music/
www.healourmusic.com/tentang-kami/

5 komentar:

  1. aku gak pernah niat download, paling lihat di youtube aja

    BalasHapus
  2. huhu...kalo saya emank seneng denger lagu, jadi lagu2 ini penting banget....

    BalasHapus
  3. wah bahaya nie kalo ditutup

    BalasHapus
  4. gimana ya buat web kayak gudang lagu...:(

    BalasHapus
  5. Thank yοu for the good writeup. It in fact
    was once a enjοуment acсount it.
    Glаnсe advanced to far introduced agreeаble from
    you! By thе way, how сould we
    communicate?
    Review my website - whey protein shakes

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top