Sabtu, Desember 23, 2017

3 Prosedur Medis untuk Menghilangkan Batu Ginjal



Penyakit batu ginjal sangat dirasakan begitu menyakitkan bagi setiap orang yang menderitanya. Batu ginjal yang terbentuk akibat kurangnya asupan mineral atau air putih, sangat membuat keadaan ginjal hingga kandung kemih menjadi rusak. Ketika batu ginjal berada di sekitar ureter, kemudian terjadi iritasi dan pembengkakan maka hal tersebut dapat menyumbat aliran air seni menuju kandung kemih. Bahkan hal yang sangat dihawatirkan ialah rasa sakit yang tak tertahankan disebabkan sulitnya buang air kecil dan keluarnya serbukan bebatuan yang sangat ngilu bahakan sampai mengeluarkan darah. Cara mengobati batu ginjal ada beberapa pengobatan yang bisa anda pilih, pertama secara medis dan yang kedua dengan cara alami. 
 
foto:doktersehat.com batu ginjal kanker
Adapun prosedur medis sebagai cara mengobati batu ginjal, anda bisa memilih sesuai dengan minat dan biaya yang anda anggarkan. Berikut dibawah ini ada 3 prosedur medis untuk menghilangkan batu ginjal.
  1. Gelombang suara
Tindakan pengobatan dengan gelombang suara dapat menciptakan getaran yang kuat, diamana gelombang suara tersebut dapat menghancurkan batu ginjal menjadi serbuk – serbuk kecil dan nantinya akan dikeluarkan melalui urine. Prosedur ini dikalangan medis biasa disebut dengan istilah extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Meskipun terdapat efek samping seperti memar di perut atau punggung, darah dalam urin dan rasa sakit ketika mengeluarkan batu ginjal. Tetapi hasilnya dapat dipastikan batu hancur dan hilang dari dalam ginjal, ureter atau kandung kemih.
  1. Uteroscope
Biasanya doketer menggunakan alat berupa tabung kecil berlampu tipis dan dibekali kamera yang kemudian dimasukan melalui uretra dan kandung kemih ke ureter. Setelah masuk dan tiba pada tempat dimana batu ginjal berada, maka alat khusus yang dibekalinya akan mampu menjerat dan memecahkan batu tersebut. Diamana potongan – potongan batu hasil pecahan tadi akan digiring hingga kandung kemih dan dikeluarkan melalui urine.
  1. Pembedahan
Cara ini biasa disebut dengan nephrolithotomy perkutan dengan menggunakan teleskop kecil untuk melihat ginjal dan instrumen kecil dimasukan melalui sayatan untuk mengambil batu ginjal tersebut. Prosedur ini biasanya dilakukan ketika prosedur ESWL tidak berhasil.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top