Jumat, Maret 10, 2017

Mengintip Pesona Komodo Island National Park

Komodo adalah satwa yang merupakan kadal dan reptil darat terbesar didunia yang diseut juga dengan Ora (bahasa Manggarai). Indonesia mempunyai tempat penangkaran Komodo dan satu-satunya di dunia. Tempat ini diberi nama Taman Nasional Komodo atau Komodo Island National Park. Letaknya berada di Kepulauan Sunda perbatasan dari Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional ini didirikan untuk melindungi kadal terbesar ini dari kepunahan. 
foto:pegipegi.com

Taman Nasional Komodo didirikan sejak tahun 1980 yang digunakan untuk melindungi Satwa Komodo. Selanjutnya, taman ini juga didedikasikan untuk melindungi spesies lain termasuk juga spesies laut. Taman nasional ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Komodo beradaptasi dengan sangat baik di lingkungan yang kejam ini dan memegang kekuasaan tertinggi dari binatang-binatang lainnya di pulau ini.

Komodo yang ada di Komodo Island National Park ukuran maksimalnya mencapai 3 meter dengan berat 90 kg. Binatang ini pertama kali dikenal sebagai Varanus Komodoensis pada tahun 1912. Telah diperkirakan 2 ribu individu dewasa liar mendiami kawasan ini. binatang ini lebih senang berada di semak dataran rendah karena bisa untuk berlindung, sedangkan savana sekitarnya untuk mencari makan. Terkadang juga ditemukan pada ketinggian 400 – 600 meter. 
foto:ngebolang.com

Kadal dengan badan gemuk dan besar ini dikenal sebagai predator dan pemakan bangkai. Komodo dewasa akan menyerang dan membunuh Rusa, Kerbau dan Babi Hutan secara teratur. Kalau di Pulau Rinca dia memburu kuda liar. Pada Bulan April, Komodo kecil akan menetas dari telur yang telah diletakkan 8-9 bulan secara berkelompok sampai 20/sarang. Ora kecil ini memangsa binatang kecil seperti burung, tokek, insek dan binatang lainnya yang bisa ditangkap olehnya. 

Komodo kecil bisa memanjat dan menangkap makluk kecil di pohon, sementara yang lebih tua keberatan untuk melakukannya. Hidup di Komodo Island National Park terpisahkan dari predator lain membuat Komodo mampu berkembang biak dengan baik. Namun, masih belum bisa menghindarkannya dari bahaya dan merasa aman sepenuhnya. Penjagaannya harus dilakukan secara berkesinambungan dari pemburu liar dan bencana alam. 

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Komodo Island National Park
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Taman Nasional Pulau Komodo, diantaranya :
•    Memperhatikan gerak-gerik Komodo seperti cara makan, berburu, cara jalan dan lain sebagainya.
•    Mengagumi keberagaman satwa dan tumbuhan yang ada di Kepulauan Komodo.
•    Berkesempatan untuk berenang dan snorkeling di Pantai yang mempunyai air jernih dan pasir kemerahan.
•    Merasakan nuansa desa yang kental dengan ada istiadat asalnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top