Rabu, Februari 22, 2017

Wow Ini Dia Perjalanan Sejarah bank di Indonesia

Sampai sekarang bank di Indonesia sudah semakin banyak jumlahnya. Baik itu bank – bank ternama hingga bank yang baru saja diluncurkan semua diciptakan untuk membantu, melayani dan memenuhi kebutuhan nasabah. Setiap bank memiliki gayanya tersendiri dalam melakukan transaki dan memberikan pelayanan, meskipun pada intinya sama saja.

Meskipun begitu semua bank – bank yang disebutkan diatas tak akan terwujud tanpa hadirnya bank – bank pencetus di Indonesia. Berikut ini catatan perjalanan sejarah mulanya bank di Indonesia yang dimulai dengan bank asing pertama yang didirikan di Indonesia hingga bank khusus Indonesia yang diciptakan untuk masyarakat Indonesia. Mulai dari zaman Hindia Belanda hingga yang bertahan hingga saat ini.

HSBC
Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited atau HSBC merupakan bank di Indonesia yang bisa disebut sebagai bank dengan usia paling tua di Indonesia serta berasal dari Negara Hongkong dan Shanghai.  Pada awalnya bank HSBC yang beroprasi di Batavia atau Jakarta pada tahun 1884 ini hanya melayani transaksi perdagangan gula yang kemudian memperluas jaringannya ke Surabaya pada tahun 1896.
Hingga saat ini HSBC tetap melayani masyarakat Indonesia dengan tetap mengunggulkan pembiayaan kegiatan perdagangan, koprasi, perbankan institusi, perbankan personal hingga kegiatan ekonomi syariah.

BRI
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau yang lebih dikenal dengan BRI ini didirikan oleh Raden Aria Wirjaatmadja pada tahun 1895. Sebelumnya Bank BRI ini diberi nama Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kamum Priyayi atau Hulpen Spaarbank der Inlandsche Bestuurs Ambtenaren. Pada mulanya BRI terkenal di masyarakat berkat pelayanannya yang membantu masyarakat pribumi untuk mengelola perekonomiannya. Namun oprasionalnya sempat berhenti pada tahun 1948 karena perang mempertahankan kemerdekaan. Meskipun begitu BRI kembali beroprasi setelah disepakatinya perjanjian Renville dengan nama baru yakni Bank Rakyat Indonesia Serikat.

BTN
PT Bank Tabungan Negara atau Bank BTN didirikan pada tahun 1897. Sebelumnya bank ini memiliki nama Postpaarbank. Sama halnya dengan bank – bank lainnya BTN juga mengawali oprasinya dengan mengunggulkan layanan untuk menggerakan perekonomian masyarakat. Meskipun sempat dibekukan saat pendudukan Jepang, namun bank BTN ini kembali berdiri dengan nama baru Bank Tabungan Pos pada tahun 1950 yang kemudian berganti nama kembali pada tahun 1963 menjadi Bank Tabungan Negara. Hingga saat ini BTN menjadi salah satu bank di Indonesia yang memegang kendali pasar kredit kepemilikan rumah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top