Kamis, Desember 08, 2016

Mengenal 4 Bahan Kain Paling Cocok untuk Kaos Olahraga

Beberapa tahun belakangan ini, mulai banyak sekali kampanye tentang pentingnya olahraga bagi kesegaran jasmani tubuh dan kesehatan diri. Bahkan, sebagai salah satu usaha untuk mencegah berbagai penyakit adalah dengan berolahraga. Olahraga juga sering dimasukkan ke dalam agenda diet yang sehat di samping secara rutin mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Terlebih lagi, di banyak daerah di Indonesia, Car Free Day di jalan-jalan kapital digadang-gadang merupakan salah satu fasilitas yang disediakan pemerintah untuk membudayakan olahraga di berbagai kalangan masyarakat, tua maupun muda. Namun tahukah Anda bahwa olahraga sebetulnya memerlukan fasilitas penunjang lainnya seperti kaos olahraga dan sepatu olahraga?
kaos olahraga yang dijual di bukalapak

Memilih kaos untuk berolahraga memang sebaiknya tidak asal-asalan. Dan tetap harus berbeda dengan kaos biasa. Kriteria bahan kaos untuk kaos berolahraga bukanlah yang lembut, sejuk dan menyerap keringat tidak cocok karena akan terasa berat saat dikenakan dalam keadaan berkeringat. Terlebih lagi saat berolahraga kita mengeluarkan keringat hingga 5 kali lebih banyak daripada saat tidak berolahraga. Berikut ini adalah 5 jenis bahan kaos untuk berolahraga yang cocok untuk Anda, antara lain:

1.    Hyget murni.
Hyget merupakan pilihan pertama dalam pembuatan kaos untuk berolahraga jika Anda ingin membuat kaos untuk berolahraga dalam partai besar agar dapat meminimalisirkan budget. Hal ini dikarenakan bahan kaos hyget lebih terjangkau daripada bahan kaos lainnya. Bahan ini terbuat dari serat sintetis dari biji plastik. Pada penggunaan bahan kaos hyget, kaos akan terasa cenderung ringan, tipis dn lemas sehingga membuat pemakainya lebih leluasa dalam bergerak. Bahan ini sangat tidak menyerap keringat serta tidak mudah basah. Hanya saja bahan ini tentu kurang adem saat dipakai dan kurang awet menahan hasil sablon atau brodiran karena serat kainnya kurang kuat.

2.    Hyget super.
Merupakan bahan kaos olahraga hasil pengembangan dari hyget murni. Bahan ini merupakan perpaduan antara hyget murni dengan serat alami sehingga terasa lebih adem atau sejuk saat dipakai. Hyget super memang terasa lebih berat dari hyget murni ini namun sangat nyaman, tidak menyerap keringat tapi lebih cepat kering. Harganya lebih mahal dari hyget murni dan biasa digunakan dalam pembuatan jersey klub bola KW atau duplikat. Permukaannya tidak begitu mengkilat jadi lebih kuat menahan hasil sablon atau bordir.

3.    Serena.
Merupakan bahan kaos untuk berolahraga yang paling sering digunakan untuk pembuatan kaos dengan mutu standar (menengah). Masih terasa sedikit panas namun lebih ringan dari kedua bahan hyget. Bahan kaos serena memiliki rajutan yang kurang begitu kuat sehingga tidak cocok untuk hasil bordir tetapi bisa mengikat hasil sablon lebih kuat.

4.    Dry fit.

Yang terakhir, ini dia bahan kaos olahraga yang paling baik. Terbuat dari kapas campuran, bahan ini sangat cocok dan memang paling sering digunakan untuk bahan jersey klub original. Bahan kaos dry fit sangat ringan namun terasa sangat adem karena mengalirkan keringat dengan baik saat dikenakan, sehingga menjadikannya bahan kaos yang paling mahal. Jenis permukaan bahan kaos ini ada 2 macam, ada yang doff ada pula yang mengkilap. Bahan dry fit paling awet di antara bahan untuk kaos berolahraga lainnya karena rajutan benangnya kuat. Untuk yang permukaannya mengkilap sebaiknya digunakan untuk hasil bordiran karena kurang mampu mengikat warna.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top