Selasa, November 22, 2016

Ketahui Cara Mencegah Diabetes Sedini Mungkin Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Penyakit diabetes atau biasa dikenal dengan gula darah tinggi, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia karena penderita penyakit ini cukup banyak. Dalam sebuah seminar diabetes yang menghadirkan berbagai narasumber, disebutkan bahwa penderita diabetes mencapai angka 8.4 juta jiwa. Dengan angka demikian, Indonesia menempati urutan ke empat teratas dari beberapa negara seperti Amerika Serikat, Cina dan India. Jika pada tahun ini saja, angka penderita diabetes sudah begitu banyak, bisa dibayangkan bagaimana 10 hingga 20 tahun mendatang? tentu angka penderita akan semakin meningkat jika tidak ada upaya pencegahan.

berbagai sayur yang bisa menurunkan gula darah foto:klikdokter.com
Lalu, apakah ada upaya yang bisa dilakukan atau tips cara menurunkan gula darah tinggi dan pencegahannya?  tentu saja ada dan ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga gula darah agar tetap stabil, langkah yang pertama adalah dengan mengatur asupan karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat sangat erat kaitannya dengan glukosa. Contoh makanan mengandung karbohidrat dan berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah adalah nasi. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes sebisa mungkin tidak makan nasi. Untuk mengganti nasi, penderita diabetes bisa mengkonsumsi makanan seperti sereal.

    Jika upaya pencegahan berupa pengaturan pola makan dan asupan karbohidrat sudah dilakukan, maka tips selanjutnya agar terhindar dari penyakit diabetes adalah melakukan olahraga rutin, dengan berolahraga maka stamina tetap terjaga serta metabolisme tubuh jadi lebih baik. Tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup olahraga ringan seperti jogging, jalan santai atau senam.

    Selain olahraga rutin, pastikan untuk memiliki jam tidur atau istirahat yang cukup. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang dengan jam tidur yang kurang lebih berpotensi mengalami kenaikan gula darah. Tidur yang cukup membuat kadar gula darah lebih stabil dan tentunya efektif untuk mengurangi rasa lelah dan stress.

    Apabila kadar gula darah mulai naik, jangan buru-buru panik dan minum obat. Anda bisa mengkonsumsi kayu manis untuk menurunkan gula darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah sekitar 18-29 %. Cara mengkonsumsi kayu manis yang nikmat adalah dengan menambahkannya pada minuman seperti teh atau kopi. 

    Beberapa tips ringan yang sudah disebutkan tadi, semoga bisa diterapkan jika anda adalah salah satu penderita diabetes atau berpotensi mengidap penyakit ini. Perlu diketahui, bahwa diabetes merupakan penyakit turunan sehingga jika ada orang tua anda yang memiliki riwayat penyakit ini, anda harus waspada dan sebaiknya lakukan upaya pencegahan sedini mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top