Rabu, November 16, 2016

10 Tips Membeli Hardisk Internal Komputer

Tahukah Anda apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli hardisk internal untuk komputer, CPU, atau laptop? Hardisk memang elemen penting dalam komputer maupun laptop. Terkadang setiap beberapa tahun sekali kita harus menggantinya. Supaya tidak sampai hardisk tersebut rusak.
Nah, untuk Anda yang berencana membeli hardisk internal komputer itu, berikut ini ada tips jitu yang perlu Anda simak. 

1. Kapasitas hardisk
Kalau datang ke toko komputer, pelayan toko biasanya akan bertanya "mau cari hardisk internal kapasitas berapa?" Itu pertanyaan yang akan sering terlontar pertama kali.
Karena itu, sebelumnya Anda perlu tahu berpaa kapasitas hardisk yang Anda butuhkan. Apakah hardisk dengan kapasitas 500GB, 1Tb, 2TB atau kapasitas yang lebih besar lagi.
10 Tips Membeli Hardisk Internal Komputer
10 Tips Membeli Hardisk Internal Komputer
2. Harga hardisk
Berapa uang yang Anda alokasikan untuk membeli hardisk internal ini? Untuk  harga hardisk internal komputer itu salah satunya dipatok berdasar kapasitas hardisknya. Makin besar kapasitas hardisknya, maka harganya pun akan lebih tinggi.

Misalnya untuk hardisk internal dengan kapasitas 1TB di MatahariMall.com itu dijual dengan harga Rp 620.000. Harga tersebut sudah mendapatkan diskon sebesar 12%. Hardisk tersebut memiliki ukuran 3,5 inch dan memiliki kecepatan 7200 RPM. 

Sekedar tahu, kalau Anda cari untuk komputer, carilah hardisk internal dengan ukuran 3.5". Sementara kalau untuk hardisk internal laptop carilah yang berukuran 2.5".
Sementara untuk 7200 RPM adalah kecepatan pemutaran rotary per menit. Dibandingkan dengan hardisk 5400 RPM, jelas hardisk dengan 7200 RPm lebih cepat. Dengan demikian hardisk tersebut dapat berproses cepat untuk menunjang kinerja komputer. 

Nah buat Anda yang ingin cari info harga hardisk internal komputer bisa langsung ke MatahariMall.com biar lebih jelas. Pilihan hardisknya lengkap!

3. Cache space hardisk
Cache space hardisk adalah tempat yang memungkinkan untuk melakukan transfer data dari satu bagian ke tempat lainnya. Cache ini letaknya di dalam memori. Semakin besar cache memori-nya, maka proses transfer data pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. 

4. Merek hardisk
Ada banyak merk hardisk yang beredar. Seperti misalnya merk Seagate atau WD. Sebaiknya Anda pilih untuk membeli hardisk dengan merk yang sama agar cocok dengan komputer yang Anda gunakan. 

5. Pertimbangkan kecepatan transfer rate hardisk
Ini akan sangat membantu dalam menghadirkan komputer yang cepat. Sebab hardisk yang memiliki kecepatan transfer rate tinggi akan mampu melakukan perintah dengan cepat. 

7. Putaran (rotasi) hardisk
rotasi hardisk bisa diketahui dari RPM-nya. Makin tinggi RPM-nya itu akan makin bagus sebab berarti hardisk tersebut akan mampu me-loading data dengan cepat. 

8. Minta pertimbangan teman
Jika Anda merasa kurang mengerti mengenai hardisk, bisa minta pertimbangan Anda yang lebih paham masalah komputer. Dengan begitu setidaknya Anda bisa mendapat saran mengenai apa sebaiknya hardisk internal yang sebaiknya Anda beli.
Atau cara lainnya bisa dengan membaca review mengenai hardisk internal di internet. Dengan bekal informasi tersebut diharapkan Anda menjadi tahu apa hardisk yang sebaiknya dibeli. 

9. Beli hardisk baru
Tidak disarankan untuk membeli hardisk seken atau bekas. Lebih baik beli hardisk internal yang baru sekalian. Sebab sekalipun hardisk seken itu mungkin lebih murah, tapi daya tahannya tidak dapat dipastikan. Lebih baik sekalian membeli yang baru biar nantinya lebih awet untuk digunakan. 

10. Beli hardisk diskon murah
Kalau masalah keterbatasan dana, itu bisa diakali dengan membeli hardisk yang mendapatkan diskon. Otomatis dengan adanya potongan harga tersebut akan membuat harga hardisk internal itu menjadi turun. Sehingga Anda pun bisa membelinya dengan lebih murah.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan saat hendak membeli hardisk internal untuk komputer. Semoga informasi ini berguna untuk Anda. Sehingga nantinya Anda bisa menemukan hardisk seperti yang Anda butuhkan. Komputer pun kembali lancar dan kapasitasnya meningkat pesat berkat pembelian hardisk baru tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top