Senin, Oktober 10, 2016

Pentingnya Peran Pemerintah Dalam Pembangunan Sektor Pertanian Di Indonesia

Tanah Indonesia yang subur sangat mendukung sekali dalam bidang pertanian. Banyak dari masyarakat Indonesia yang bermata pencaharian sebagai petani. Selain hasil tani yang bisa dinikmati sendiri, sebagian juga dapat dijual untuk mendapatkan uang. Hal ini membuat pertanian menjadi sektor yang cukup penting dalam perekonomian Indonesia. Meski seiring waktu, dunia industri mengalami kemajuan yang pesat, namun sektor pertanian tidak dapat diabaikan begitu saja sehingga perlu dilakukan keseimbangan antara berbagai sektor. Pada sektor pertanian sendiri, peran pentingnya tidak terlepas dari ketahanan pangan. 
contoh Pertanian Di Indonesia foto:beritabali.com
Lahan yang subur tanpa pengelolaan dan dukungan yang baik dari pemerintah, berdampak pada belum maksimalnya kemajuan dalam bidang pertanian sehingga masih saja kita dapati petani yang miskin atau kurang makmur. Selain itu, adanya pihak luar yang turut campur dalam mendapatkan hasil tani dan sumber daya alam Indonesia semakin membuat rakyat negeri ini tidak bisa menikmati kekayaan Indonesia secara optimal.

Untuk itu dalam pembangunan sektor pertanian di Indonesia perlu adanya dukungan dari berbagai pihak guna meningkatkan sektor pertanian agar ketahanan pangan, pemenuhan kebutuhan dan juga kemakmuran rakyat dapat terpenuhi. Melihat dari jumlah masyarakat yang semakin meningkat, membuat pemerintah harus melakukan upaya lebih untuk mengatasi masalah kebutuhan pangan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan investasi pada sektor pertanian.

Pemerintah juga perlu  memberikan perhatian lebih pada masalah pertahanan keamanan pangan karena saat ini, sistem tersebut sudah mulai mengalami penurunan. Beberapa penyebab dari melemahnya sistem keamanan pangan ialah adanya tangan-tangan luar atau asing yang turut serta dan juga pengaruh teknologi modern yang tidak terkendali. Jika dahulu sektor pertanian cukup kuat, ini karena masih banyak masyarakat yang bermata pencaharain utama sebagai petani, namun lambat laun hal ini berubah seiring perkembangan zaman. Masyarakat tidak lagi tertarik untuk bekerja pada bidang pertanian karena mulai tergiur dari gaji besar pada pekerjaan lain, akibatnya kebutuhan pangan tidak seimbang dengan ketersediaan pangan. Untuk mengatasi hal ini, terpaksa pemerintah melakukan import pangan yang lama kelamaan membuat Indonesia semakin tergantung dengan pihak asing. Oleh karena itu, diperlukan peran pemerintah untuk membuat sektor pertanian di Indonesia menjadi lebih baik dan maju agar tidak ada ketimpangan dalam berbagai sektor.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top