Kamis, Juli 28, 2016

5 Pertimbangan untuk Pilih Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas

Pilih beli mobil baru atau mobil bekas adalah salah satu pilihan yang cukup pelik untuk ditentukan. Bagaimana tidak, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di satu sisi, mobil baru hampir tidak perlu diragukan lagi kondisinya. Namun, tentu saja, mobil bekas jauh lebih murah dan kamu bisa melakukan kredit mobil bekas pula! Jadi, makin lebih mudah untuk punya mobil, bukan?

mempertimbangkan Pilih Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas
ilustrasi Mobil Baru foto:cekaja.com
Sebelum kamu putuskan pilihan, yuk, mari pikirkan beberapa pertimbangan berikut. 

Pertimbangkan Hal ini Sebelum Beli Mobil Baru atau Mobil Bekas

1. Kebutuhan akan mobil
Yang pertama mesti kamu pertimbangkan adalah kebutuhan kamu. Apakah kamu benar-benar butuh mobil atau sebenarnya tidak? Kemudian, untuk apa saja mobil tersebut akan kamu gunakan. Hitung juga pengeluaran rutin yang mesti kamu keluarkan ketika akan beli mobil baru dan mobil bekas, kemudian bandingkan.
2. Budget yang dimiliki
Jika memang merasa punya kebutuhan untuk punya mobil, kemudian yang perlu kamu pertimbangkan adalah budget. Belilah yang memang sesuai kemampuan kamu. Jangan hanya karena gengsi, kamu kekeuh dengan pilihan mobil idaman – yang sebenarnya tak sesuai dengan kemampuan.
3. Pengetahuan dan kemampuan tentang mobil
Hal ini adalah salah satu pertimbangan paling penting ketika kamu pilih mobil baru ataukah mobil bekas. Jika kamu punya pengetahuan dan kemampuan tentang mobil, seperti misalnya memperbaiki dan tidak merasa direpotkan – sila pilih mobil bekas. Akan tetapi, kalau kamu tak mau direpotkan apabila ternyata mobil yang kamu beli bermasalah – sebaiknya pilih mobil baru.
Sebagai informasi saja, ada banyak juga pilihan mobil murah 2016. Biasanya mobil-mobil tersebut bertipe LCGC atau Low Cost Green Car. Harganya benar-benar terjangkau, ada yang bahkan mulai dari 80 juta hingga 90 juta saja! Memang kalau kamu pilih untuk kredit mobil, tentu saja ada bunga yang membayangi. Jadi, harga totalnya bisa jadi lebih dari 100 juta.
4. Waktu pembelian
Ketahuilah bahwa membeli mobil di akhir bulan ternyata sedikit lebih murah. Jadi, perhatikan beberapa promo dari dealer ataupun para penjual mobil. Oh ya, membeli secara langsung dari pemilik apabila kamu ingin mobil bekas saja – biasanya jauh lebih terjamin.
5. Tempat pembelian
Jika akhirnya kamu memilih untuk membeli mobil bekas, pilihlah mobil dari dealer tepercaya. Meski demikian, aturan ini juga berlaku untuk kamu yang ingin beli mobil baru. Selain itu, tempat peminjaman juga berpengaruh terhadap besaran kredit kamu jika kamu memilih untuk kredit mobil. Bank menerapkan bunga yang jauh lebih rendah daripada leasing tetapi sedikit lebih ketat dan prosesnya cukup panjang.
Jadi, memilih mobil baru ataukah mobil bekas – pertimbangkan kebutuhan dan kemampuan kamu. Tak ada pilihan yang salah, semua bergantung pada kamu.

2 komentar:

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top