Selasa, Agustus 14, 2012

Pasar Tungging Semakin eksotis setiap tahunnya.

Bagi anda yang berdomisili di Banjarmasin, pasti sudah kenal dengan pasar yang satu ini. Salah satu pasar traditional yang hanya buka ketika hari menjelang malam. ketika kita memasuki pasar ini seakan-akan kita masuk ke dalam stand pameran besar. lebihnya, Pasar ini selalu memberikan daya tarik tersendiri. terlebih kepada saya pribadi, karena tidak hanya harganya yang jauh lebih murah tetapi juga berbagai macam  varian pakaian bajakan pun terdapat di sini. tidak lama setelah ada desain terbaru pasti tidak berapa lama akan hadir di pasar ini (bajakannya).

pasar tungging di banjarmasin

Pasar ini terletak di daerah Belitung darat, lumayan jauh juga masuk ke dalam tetapi itu bukan menjadi masalah ketika melihat pengunjung pasar ini benar-benar WAH banyaknya. sebelum pasar tungging ini mempunyai lokasi tersendiri, orang-orang berjualan di sisi-sisi jalan daerah belitung depan, tak ayal. pasar ini pun begitu panjang karena memanjang di pinggir-pinggir jalan hingga akhirnya kemacetan selalu sulit diatasi kalau melewati jalan ini.

Pemerintah pun tak tinggal diam untuk mengatasi hal tersebut, walaupun pasar ini salah satu pasar favorit untuk masyarakat banjar tetapi keteraturan kehidupan masyarakat juga menjadi kewajiban mereka, dan akhirnya pasar tungging ini pun dibumi hanguskan oleh Satpol PP, dan dipindah ke tempat yang sekarang.

Solusi kemacetan jalan pun terpecahkan, belitung sudah tidak macet lagi. tahun-tahun pun berlalu, pasar tungging dengan lokasinya tersendiri juga semakin diminati masyarakat karena mereka lebih leluasa memilih tanpa takut tersenggol kendaraan bermotor seperti pasar tungging sebelumnya. begitu juga dengan lahan parkirnya yang juga menjadi pencaharian tambahan bagi warga sekitar, karena setiap sisi di sana selalu ada tempat parkir, bahkan jalan masuk gang pun dijadikan lahan parkir oleh masyarakat sekitar.

Obral Coy

Pasar Tungging ini semakin digemari ketika bulan Ramadhan, mungkin untuk pakaian di hari raya. sedikit ingin saya bagikan kelebihan dari pasar tungging ini :
  • Harga lebih murah dibanding distro/butik di tempat lainnya.
  • Pilihan pakaian maupun berbagai belanjaan lainnya lebih banyak.
  • Harga bisa ditawar ampe darah penghabisan.
  • hanya buka di malam hari.
Kekurangan dari pasar tungging ini :
  • Kualitas barang tidak menjadi jaminan, yaa sesuai dengan harga yang ada.
  • Lumayan jauh dari pusat kota.
  • Tidak adanya satpam atau pos keamanan pasar.
Sedikit Tips bagi anda yang ingin berbelanja di pasar ini.
  • Ketika anda menanyakan harga pakaian maka penjual pun meletakkan harga 2x lipat dari harga yang ditargetkan. jadi saran saya tawarlah barang tersebut separo dari harga yang ditawarkan.
Misalnya penjual menawarkan dengan harga 85ribu maka tawarlah separonya, misal 40 ribu. kemudian pura-pura lah seperti ingin meninggalkan tempat tersebut, seperti mau nyari ke tempat lain.
tidak berapa lama, harga akan semakin menurun dengan langkah anda perlahan seperti semakin jauh.
dan kalau penjual bersikeras maka tinggalkan toko tersebut.
lihatlah, penjual tersebut pun akan berteriak atau sedikit mengejar. "eiyy sini nah ayuja" atau "50 barang nah"
kalo b.indo nya kaya gini "yaudah deh gak papa, ni barangnya" akhirnya jual beli pun terjadi.
Okee, sedikit itu dulu seputar pojok kota Banjarmasin.
Salam :)

12 komentar:

  1. tapi pasar tungging nih, biar sudah sudah di olahkan tempat khusus yg ky ne,mecungul pulang yg di pinggir jalan sekitar belitung, awal mulanya pang di situ,,, btw, seberang pasar tungging tu ada parkiran yg mantap bila kada salah di gang, coba parkir di situ, pelayanannya mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. bujur banar...auk kasitu jua bahanu

      Hapus
  2. Hrimnya bungas2 jua jul lah di tungging,,

    kawakah dikudak pakae A7 harimnya


    ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. tangalih pang mancari nang bungas nang ai...gkgkgk

      Hapus
  3. Balasan
    1. hehe...katanya siih dulu dinamakan pasar tungging, karena orang-orang belinya harus nungging...soalnya barang dagangannya diatas tanah..hhuhu

      Hapus
  4. Aku rancakak banr sdh ke pasar tungging soalnya rumahku Parak pasar tungging hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas banar tu mun bausaha disitu....hehe

      Hapus
  5. wkkekeke nama nya lucu yaa.. :D
    tapi aman kah belanja disitu.. biasa nya yang nama nya pasar itu identik dengan kejahatan ( copet ) wkkakakaka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasar tungging yg baru ni yg dkt panti asuhan barasih bila hujan kd licak

      Hapus
  6. izul pasti juga suka belanja ke pasar tungging ya....hehehe

    BalasHapus
  7. pasar tungging yg dekat panti asuhan bagus banar barasih parak wan kd jauh

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top