Senin, Agustus 06, 2012

Hikmah (Rahasia) Puasa

Hikmah atau Rahasia puasa itu ada beberapa yang saya kutip dari Buku fiqh islam karangan H. Sulaiman Rasyid.
hikmah dan rahasia puasa
foto:uswahislam.blogspot.com
diantaranya yaitu :
  1. Tanda Terima kasih kepada Allah SWT karena semua ibadah mengandung arti terima kasih kepada Allah atas semua pemberian-Nya yang tidak terbatas nilainya dan tidak ternilai harganya.
  2. Didikan Kepercayaan. Seseorang yang telah sanggup menahan makan dan minum dari harta yang halal kepunyaannya sendiri, karena ingat perintah Allah SWT, sudah tentu ia tidak akan meninggalkan perintah Allah dan tidak akan berani melanggar larangan-Nya.
  3. Didikan perasaan belas kasihan terhadap fakir miskin, karena seorang yang telah merasakan sakit dan pedihnya perut keroncongan. hal itu akan dapat mengukur kesedihan dan kesusahan orang yang sepanjang masa merasakan ngilunya perut yang kelaparan karena ketiadaan. dengan demikian, akan timbul perasaan belas kasihan dan suka menolong fakir miskin.
  4. Guna menjaga kesehatan.
Dari beberapa hikmah (rahasia) puasa di atas mungkin sangat banyak manfaat yang kurang kita sadari selama ini, semoga saja tidak hanya dalam bulan puasa ini kita menjadi hamba yang bertakwa kepada-Nya. hingga akhirnya akan terasa lah nikmatnya hidup dengan jalan yang benar dan indah.
Salam :)

5 komentar:

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top