Jumat, Agustus 31, 2012

Apam Batil Jajanan khas masyarakat Banjar 1

Kalau mendengar namanya sedikit agak aneh yaa. Ko' Batil. Kaya kejahatan aja. Hehe yaa memang begitulah nama salah satu jajanan khas Masyarakat Banjar yang kue ini enak dimakan panas-panas.
Cara memakannya pun khas. Tidak menggunakan sendok tetapi langsung pakai mulut *buju busyet-kucing kali makan kya gitu*. Hehe gak ko. Becanda sob. Makannya pakai tangan gitu. Rasax kaya lebih enak.
Nah
Untuk daerah hulu sungai orang menyebutnya dengan Apam Batil. Sedangkan daerah Banjar orang banyak menyebutnya dengan Apam Surabi.
Cara memasaknya pun unik. Tepung yang telah diadon kemudian langsung dimasukkan ke wajan khusus tanpa menggunakan minyak. Yaa kayak agak gosong gitu deh. Jadi kalo makan ini jangan takut lemak ato kolesterol Hehe
Setelah masak kemudian dimasukkan ke piring dan diberi kuah air gula aren.
Tadaa silahkan dicicipi.
Foto 1 : Apam Batil yang dicampur gula Aren
Foto 2 : Apam Batil yang baru masak.



7 komentar:

  1. di foto 1 pakai sendok yaa...huhu iyaa itu disediain sipenjualx..padahal saya makannya gak pake sendok.

    BalasHapus
  2. kalau disini ini disebut serabi sob

    BalasHapus
  3. mirip dengan serabi solo ya zul...

    BalasHapus
  4. iyaa kalo di jawa namanya serabi atau surabi, tapi di sini campurannya lebih beragam, sausnya bukan cuma gula merah aja tapi ditambahin duren hmm nyum nyum :D

    BalasHapus
  5. makasih udah share info kulinernya ya

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top