Selasa, Februari 21, 2012

Reportase Aruh Blogger 2012 part 1

Reportase Aruh Blogger 2012 versi iezul, mungkin bagi kawan daerah banjar sudah pasti tau apa itu aruh, tetapi beda cerita bagi kawan blogger yang bukan asli banjar, sehingga alangkah lebih baiknya kalau saya lebih jelaskan tentang aruh itu sendiri. ingat ini versi iezul loe, jadi bagi kawan mau protes, ato marah, senyum apalagi mau beri santunan bensin, maka akan saya terima dengan senang hati. hoho
Dalam bahasa banjar, Aruh tersebut seperti semacam kegiatan mengumpulkan banyak orang kemudian melakukan berbagai kegiatan, semacam aruh ganal seperti tradisi suku dayak dengan berbagai macam ritual.
naah pada kesempatan kali ini para blogger Kal-Sel mengadakan event kopdar yang diberi nama aruh blogger. mungkin bisa juga kopdar blogger skala besar. biasa hanya para anggota komunitas, sekarang kopdar dengan berbagai macam komunitas online maupun offline dengan berbagai event kegiatan.
padahal cuma nanya aruh yaa...hoho yaaa kalau biasa tradisi di banjar ada yang namanya ba'aruhan. itu artinya selamatan satu kampung, semua gotong royong saling bantu untuk membuat acara tersebut. jadi dalam masyarakat banjar setiap ada kegiatan ba'aruhan maka satu kampung turun tangan. begitu eratnya rasa kekeluargaan dalam satu kampung.
cuman notabenenya itu di kampung, kalo di kota u
dah beda, huhu
okee sobat, ini liputan saya :)
Sabtu, 18 februari 2012sepulang dari mengajar di Sekolah, beristirahat sejenak, kemudian berangkat dari Banjarmasin ke Banjarbaru bermodal bensin 1 liter, huhu maklum bulan sangat tua, persediaan dompet udah menipis, jadi harus nekat. dan Alhamdulillah cukup buat bolak-balik bjm-bjb. huhu
sekitar jam 17:00, para peserta aruh pun konvoi ke pendulangan intan di cempaka martapura.
si tengah perjalanan singgah dulu di warung 41 untuk menikmati jajanan kuliner, berbagai macam kue khas banjar tersedia di sana.Perjalanan pun berlanjut. Semilir angin menyambut kami dengan lembut, cuaca panas sore itu bahkan sejuk dirasa. dan semakin indah ketika pelangi pun ikut menyapa.
hehe maaf, narsis dikit
Beginilah para pendulang, yang notabenenya mereka lebih banyak dari yang tua-tua, berendam setengah badan di dalam air. belum lagi kalau mereka tidak menemukan bebatuan. bayangkan sendiri. masih banyak dari kita yang lebih beruntung di banding mereka.
Malamnya, acarapun di buka oleh Wakil Walikota Banjarbaru, dengan berbagai sajian acara. acara di awali dengan tarian khas banjar.
Di awali dari sambutan ketua komunitas ---------------->
Dari sambutan beliau, alasan mengambil tempat di banjarbaru karena seperti mengenang masa lalu, bahwa saat itu hanya ada beberapa blogger dari banjarbaru, dan itupun dengan cara menempel berbagai pamplet di kampus dan warnet-warnet. mengapa mengangkat tema ruhui rakat sabanua, itu karena kami ingin bisa rakat ataupun damai, nyaman dan akrab berkeluarga bersama berbagai komunitas lainnya, pada acara pembukaan berbagai komunitas ikut meramaikan acara, seperti para sastrawan Kal-Sel, kemudian blogger banua dari Banjarmasin, dan berbagai komunitas-komunitas fotografi, juga ada tamu dari luar daerah yaitu seperti Om iful dari blogger makassar (angingmamiri.org), Om almascatie dari blogger ambon (arumbai), Om novie dari blogger surabaya beserta istri (tugupahlawan) dan Mbak mubarika (blogger nusantara) dan Ariefew (blogger madura).
mohon maaf kalau salah sebut, hoho
lumayan panjang sudah yaaa postingan tentang reportase aruh blogger 2012 ini...hoho kita sambung ke bagian kedua deh.
salam blogger :)

4 komentar:

  1. Ditunggu reportase part 2 nya :)

    BalasHapus
  2. ooh ada jua kah ke pandulangan intan. ku kira kada ada

    BalasHapus
  3. WOW, keren blogger banjar.
    oh ya, seperti napak tilas nih jadinya.
    sebagai seorang yang pernah tinggal di banjarmasin, ulun ngerasa kalau 1 liter minyak kada cukup pang dari bjm ke bjb. :D

    *ah,, kaco bahasanya*

    Ya, selamat atas acara aruh blogger deh buat teman-teman di kalse ;)

    BalasHapus
  4. wehh... jadi reporter lah di aruh blogger B)
    thumbs up...

    lawas.a kd melihat ust. Harie

    BalasHapus

Silahkan Tinggalkan Jejak, Insya Allah saya akan berkunjung balik

Copyright © 2014 ieZul Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top